4 Aplikasi Parafrase Online untuk Membuat Parafrase Otomatis

4 Aplikasi Parafrase Online untuk Membuat Parafrase Otomatis
(Unsplash.com/agefis)

Alat atau aplikasi parafrase online merupakan tools yang penting bagi penulis, pelajar, maupun peneliti. Sebab, alat parafrase online dapat memudahkanmu dalam menulis esai, artikel, maupun jurnal sebagai alternatif jasa parafrase. Dengan adanya alat parafrase online, kamu bisa menghindari tindakan plagiarisme saat menulis ulang sebuah kutipan.

Cek Turnitin Gratis dan Instan
Cek Turnitin Gratis di Xerpihan

Parafrase Otomatis vs Manual

Sebenarnya, ada dua jenis cara dalam membuat parafrase, yaitu parafrase manual dan parafrase otomatis. Parafrase manual adalah kegiatan menulis ulang teks menjadi bentuk lain secara manual, tanpa bantuan tools. Dalam membuat parafrase secara manual, terdapat beberapa langkah yang bisa kamu ikuti. Bagi kamu yang penasaran bagaimana langkah-langkahnya, kamu bisa membacanya di artikel lain kami.

Baca juga: Apa Itu Parafrasa? Pelajari Arti, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenis Parafrasa di Sini

Sementara itu, parafrase otomatis adalah kegiatan menulis ulang teks menjadi bentuk lain dengan bantuan alat parafrase otomatis. Alat parafrase otomatis ini umumnya berbentuk platform atau aplikasi parafrase online.

Sekarang ini sudah tersedia banyak aplikasi parafrase online bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis. Penasaran apa saja aplikasi parafrase online gratis tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Aplikasi Parafrase Online Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Berikut aplikasi parafrase online bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan pekerjaanmu.

1. Xerpihan Paraphrase Tool

Sebagai penyedia layanan bahasa dan startup AI dan bahasa, Xerpihan baru saja meluncurkan aplikasi parafrasenya dengan kemampuan yang jauh lebih akurat. Kenapa bisa ya?

Ternyata Xerpihan menggunakan implementasi teknologi AI terkini yaitu dari OpenAI. Teknologi ini sudah sangat mengubah sudut pandang dunia terhadap AI. Kalian bisa mencobanya di aplikasi parafrase atau di laman Produk Xerpihan. Begini tampilannya:

aplikasi parafrase

Saat ini, penggunaan aplikasi Xerpihan sudah dapat digunakan dalam 2 bahasa, yakni Indonesia dan Inggris. Hasilnya pun akan langsung memberikan 2 opsi atau alternatif sehingga pengguna tinggal memilih mau hasil parafrase yang mana. Mudah, ya?

Jangan lupa untuk login terlebih dahulu tapi ya! Cara loginnya pun mudah, hanya dengan 1 kali klik dan voila, kalian sudah bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut. Xerpihan juga menyediakan aplikasi transkripsi dan aplikasi pemeriksa dokumen. Tertarik mencoba?

2.  SEO Magnifier

Seomagnifier aplikasi parafrase online

Aplikasi parafrase online pertama adalah SEO Magnifier. Salah satu kelebihan aplikasi parafrase online ini adalah tersedia 7 bahasa yang bisa digunakan. Bahasa yang tersedia di SEO Magnifier antara lain bahasa Inggris, Belanda, Perancis, Spanyol, Jerman, Turki, dan Indonesia.

Jasa Parafrasa
Jasa Parafrasa Bahasa Indonesia & Inggris, Mulai Rp 10.000

Untuk memakai alat parafrase ini, kamu hanya perlu cari saja di mesin pencarian dan kamu akan diberi tautan ke situs webnya langsung atau bisa klik di sini (https://seomagnifier.com/). Kemudian untuk melakukan parafrasenya, sama sekali tidak sulit. Di halaman utamanya kamu akan berjumpa dengan banyak opsi pilihan fitur yang ditawarkan. Karena kamu akan memparafrasekan teks, kamu harus pilih menu ‘Paraphrasing Tools’.

Setelahnya, salin teks yang akan diparafrasekan ke kotak yang tersedia dan klik tombol ‘Paraphrase It’. Tunggu sampai parafrase selesai dilakukan, kalau sudah hasilnya bisa kamu salin ke dokumen baru.

Selain layanan parafrase gratis, SEO Magnifier juga menyediakan layanan cek plagiarisme, penulisan ulang artikel, pembuat backlink, dan Meta Tags analyzer.

3.  Spinner.id

Snipper.id alat parafrase otomatis

Aplikasi parafrase online kedua adalah Spinner.id. Nama alat parafrase ini sudah sesuai dengan alamat webnya. Jadi, kamu hanya perlu memasukkan nama ini saja di mesin pencarian atau kamu bisa langsung klik tautan berikut ini.(https://spinner.id/)

Berbeda dengan SEO Magnifier yang menyediakan layanan dalam 7 bahasa, Spinner.id hanya menyediakan layanan parafrase dalam bahasa Indonesia. Perbedaan lainnya, di Spinner.id kamu harus punya akun dulu baru bisa menggunakan aplikasi parafrasenya.

Jangan khawatir, karena pembuatan akun di sini 100% gratis. Proses pembuatan akunnya pun cepat. Setelah akun selesai dibuat, kamu hanya perlu login untuk bisa menggunakan layanannya.

Cara menggunakan Spinner.id untuk parafrase otomatis hampir mirip dengan SEO Magnifier. Kamu hanya perlu mencari menu atau tombol parafrase saja. kemudian masukkan teks, klik mulai parafrase, tunggu, dan salin hasil parafrasenya.

4.  Paraphrasing Tool

paraphrasing tool alat parafrase online

Opsi ketiga adalah menggunakan Paraphrasing Tool. Bicara soal bagaimana prosedurnya sebenarnya hampir mirip dengan dua cara di atas. Hanya saja, platform Paraphrasing Tool ini dikhususkan untuk melakukan parafrase otomatis. Tidak ada opsi atau fitur lain selain untuk memparafrasekan teks.

Dengan begitu, tepat di halaman utamanya kamu bisa langsung temukan kotak untuk memasukkan teks yang harus diparafrasekan. Salin teksnya di kotak tersebut, kemudian klik opsi ‘Paraphrase Now’. Tunggu sampai prosesnya selesai, kotak di sampingnya akan menunjukkan hasil parafrasenya.Kemudian, hasil parafrasenya bisa langsung disalin ke dokumen baru atau ke dokumen yang sudah ada.

Kelemahan dari Paraphrasing Tool adalah hanya menyediakan layanan parafrase dalam bahasa Inggris, sehingga bagi kamu yang ingin melakukan parafrase dalam bahasa Indonesia, kamu tidak bisa menggunakan aplikasi parafrase online ini.

Jasa Proofreading Dokumen
Jasa Proofreading Bahasa Indonesia & Inggris, Mulai Rp 10.000

Rekomendasi Aplikasi Parafrase Online Bahasa Indonesia versi Xerpihan

Xerpihan: Aplikasi Parafrase Akurat Cepat dan Mudah

Rekomendasi aplikasi parafrase online bahasa Indonesia versi Xerpihan adalah Aplikasi Xerpihan sendiri. Ini fakta ya teman-teman karena penggunaan AI dari Xerpihan sudah sangat advanced. Kelebihan dari Xerpihan yaitu menyediakan layanan parafrase dengan penyediaan 2 alternatif dan sangat akurat dalam Bahasa Indonesian dan Inggris.

Baca juga: Struktur Artikel Ilmiah dan Cara Membuat Artikel Ilmiah

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Aplikasi Parafrase Online

Kamu mungkin menemukan solusi atas kesulitan memparafrasekan teks selama ini setelah mengenal alat-alat di atas. Namun sebelum memakainya langsung, kamu perlu tahu beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan alat parafrase.

Kelebihannya adalah kamu bisa hemat waktu, sebab kamu hanya perlu menyalin teks saja dan menempelnya di sana. Kamu juga bisa melakukan hal lainnya selagi menunggu alat parafrase online tersebut menyelesaikan tugasnya.

Kekurangan dari alat parafrase online ini adalah hasilnya terkadang kurang memuaskan jika dibandingkan dengan parafrase manual. Seringkali hasil parafrase otomatis yang dilakukan alat-alat di atas memberikan hasil yang kurang readable­ atau kurang enak dibaca. Oleh karena itu, setelah menggunakan alat parafrase online, jangan lupa untuk diperiksa lagi ya. Namun, jika kamu ingin hasil parafrase yang memuaskan dan hemat waktu, kamu bisa menggunakan jasa parafrase Xerpihan 🙂

Jasa Parafrasa
Jasa Parafrasa Bahasa Indonesia & Inggris, Mulai Rp 10.000

2 Comments

  1. mediapustaka

    Terimakasih atas rekomendasi toolsnya sangat membantu. Benar, tools parafrase terkadang menghasilkan teks yang kurang memuaskan dan tetap harus diedit ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *