Ini Dia Cara Cek Grammar Online yang Mudah dan Cepat, Wajib Dicoba!

cek grammar bahasa inggris online

Peran bahasa Inggris dalam dunia modern saat ini memiliki andil besar di berbagai sektor. Pasalnya, bahasa Inggris kini menjadi salah satu bahasa yang wajib dipahami oleh semua orang untuk memperluas kesempatan serta mempermudah komunikasi. Maka dari itu, penulisan grammar dalam bahasa Inggris harus sesuai dengan tata ejaan yang berlaku. Kini ada banyak tools cek grammar online yang bisa dicoba untuk mengukur kemampuan bahasa kita.

Kehadiran tools cek grammar online ini tentu sangat membantu kita dalam mengecek kesalahan pada penulisan serta mempelajari cara membuat kalimat yang benar. Bagi kamu yang kesehariannya bersinggungan langsung dengan penulisan bahasa Inggris secara profesional, pengecekan grammar harus dilakukan secara teliti dan berkala.

Dari sekian banyak aplikasi cek grammar, Grammarly jadi salah satu yang paling populer. Namun, ketika kamu mencari alternatif lainnya, berikut adalah rekomendasi yang bisa dicoba!

Cara Cek Grammar Online Selain Menggunakan Grammarly!

Yuk, cari tahu aplikasi cek grammar online apa saja yang sesuai dengan kebutuhan penulisanmu!

1. Quillbot

cek grammar online
Quilbot
  • Fitur Utama: Grammar Checker, Plagiarism Checker, Paraphrase, AI Detector, Summarizer, Citation Generator
  • Biaya Langganan: Gratis dan Berbayar (Mulai dari Rp160.000/bulan)

Quillbot menjadi aplikasi dengan teknologi Artificial Intelligence yang memiliki fitur cek grammar online. Platform ini sangat pas untuk melakukan parafrase bahasa Inggris karena fiturnya yang responsif serta membantu pengguna untuk melakukan penyuntingan sesuai  yang diinginkan.

Memakai Quillbot pun sangat mudah karena kita hanya perlu ‘drop and drag’ tulisan yang ingin diparafrase atau memperbaiki ejaan. Sayangnya, aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan seperti terbatas untuk akses gratis serta tidak bisa memparafrase bahasa Indonesia.

2. Gemini

cek grammar akurat
Gemini
  • Fitur Utama: Generate Information (Text, Image, Video), Linguistic Service, Chatbot
  • Biaya Langganan: Gratis

Siapa sangka Google meluncurkan fitur berbasis AI yang bisa membantu kita untuk cek grammar bahasa Indonesia online dan bahasa Inggris. Gemini menggunakan teknologi Ultra yang membantu pengguna sebagai Free Assistant terutama pada Google Workspace seperti Google Docs, Sheet, dan Presentation. 

Untuk cek grammar online menggunakan Gemini, kita bisa menuliskan prompt yang sesuai dan sepersekian detik kemudian Gemini akan memunculkan hasil parafrase. Gemini akan sekaligus menampilkan penjelasan mengapa kalimat tersebut memiliki kesalahan eja dan lain-lain.

3. Chat GPT

cek grammar online
Chat GPT
  • Fitur Utama: Chatbot 24/7, Linguistic Service, Coding, Grammar Checker, Paraphrase
  • Biaya Langganan: Gratis dan Berbayar (Mulai dari Rp325.000/bulan)

Hampir sama dengan sistem Gemini, pengguna bisa menggunakan Chat GPT untuk cek grammar online dengan menuliskan prompt parafrase. Setelahnya, GPT akan memberikan beberapa pilihan hasil parafrasenya. 

Saat ini database Chat GPT berada di tahun 2021 dengan versi GPT 3 untuk mode gratis dan GPT 4 untuk berbayar. Chat GPT juga bisa digunakan untuk brainstorming untuk memilih topik penulisan bahkan kita bisa menambah kosa kata baru. 

4. Ginger

cek grammar akurat
Ginger
  • Fitur Utama: Grammar Checker, Sentence Rephraser, Translation, Spell Checker, Essay Checker, dll.
  • Biaya Langganan: Gratis dan Berbayar (Mulai dari Rp220.000/bulan)

Ginger merupakan platform yang membantu pengguna untuk menulis lebih baik, cepat, dan kreatif dalam bahasa Indonesia. Sejak diluncurkan tahun 2010, aplikasi cek grammar online yang satu ini telah digunakan lebih dari 1 juta pengguna setiap minggunya.

Secara konsep, Ginger hampir sama dengan Grammarly karena memiliki fitur ekstensi browser yang bisa digunakan dalam berbagai platform. Cara menggunakan Ginger juga mudah, pengguna hanya perlu membuat akun dan memilih fitur parafrase, kemudian menulis teks yang akan diparafrase. Klik tombol “Generate”, kemudian akan muncul hasil parafrase dari teks sebelumnya.

5. Xerpihan

cek grammar online
Xerpihan
  • Fitur Utama: Free Assistant, Subtitle Otomatis, Translation & Proofreading, Paraphrase, Subtitle Otomatis
  • Biaya Langganan: Berbayar Mulai dari Rp100.000 saja!

Pilihan terakhir untuk cek grammar akurat dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia adalah Xerpihan. Saat ini tersedia layanan Proofreading yang membantumu untuk mengecek ejaan sekaligus memperbaiki tulisan tersebut agar lebih padu serta sesuai dengan tata bahasa.

Xerpihan merupakan startup asal Indonesia yang mengembangkan teknologi Artificial Intelligence untuk berbagai kebutuhan linguistik. Fitur lainnya yang ditawarkan oleh Xerpihan adalah NOOT yang merupakan free-assistant untuk membantu segala pekerjaan agar lebih produktif. 

Xerpihan memiliki spesialisasi untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting ataupun tulisan yang memiliki bobot berat seperti essay hingga karya tulis ilmiah. Harga yang ditawarkan oleh Xerpihan pun jauh lebih terjangkau dibandingkan platform lainnya.

Seberapa Penting Grammar dalam Penulisan?

Tentu peran grammar sangat penting dalam penulisan, terutama di ranah profesional (kreatif maupun akademis). Grammar yang baik membantu memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan penulis dapat dimengerti dengan jelas oleh pembaca. Struktur kalimat yang tepat, penggunaan tanda baca yang benar, dan pemilihan kata yang sesuai dapat mencegah kebingungan dan kesalahpahaman.

Ketika sebuah tulisan memiliki tata ejaan yang benar, maka pembaca akan merasa tertarik dan mudah mempelajari informasi yang ditulis. Dengan menggunakan grammar yang tepat, penulis dapat menekankan poin-poin penting dan menyampaikan nuansa tertentu dalam tulisan mereka. Misalnya, penggunaan kalimat aktif dan pasif dapat memberikan efek yang berbeda terhadap pembaca.

Apa Saja Komponen Dasar pada Grammar Bahasa Inggris?

Sebagai bahasa yang digunakan secara global, komponen dalam bahasa Inggris pun sangat penting untuk dipahami dan diterapkan dalam penulisan dan percakapan. Berikut ini adalah beberapa komponen dasar bahasa Inggris:

1. Jenis Kata

Bahasa Inggris pun memiliki kategori berbeda untuk membagi jenis kata. Fungsi dari pembagian jenis kata ini adalah mempermudah dalam penyusunan kalimat dan juga memahami arti setiap kata, sehingga mampu menjadi kalimat yang runtut.

  • Noun (Kata Benda): Menunjukkan orang, tempat, benda, atau ide. (Contoh: cat, London, happiness).
  • Pronoun (Kata Ganti): Menggantikan kata benda. (Contoh: he, they, it).
  • Verb (Kata Kerja): Menunjukkan tindakan atau keadaan. (Contoh: run, is, seem).
  • Adjective (Kata Sifat): Menjelaskan kata benda atau kata ganti. (Contoh: happy, blue, fast).
  • Adverb (Kata Keterangan): Menjelaskan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya. (Contoh: quickly, very, well).
  • Preposition (Kata Depan): Menghubungkan kata benda atau kata ganti dengan bagian lain dalam kalimat. (Contoh: in, on, at).
  • Conjunction (Kata Sambung): Menghubungkan kata, frasa, atau klausa. (Contoh: and, but, because).
  • Interjection (Kata Seru): Ungkapan pendek yang menunjukkan emosi. (Contoh: oh!, wow!, ouch!).

2. Tenses

Tenses adalah pembagian bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang dikategorikan berdasarkan waktu terjadinya suatu tindakan atau keadaan. Umumnya, Tenses akan menjelaskan bahwa sebuah peristiwa terjadi di masa lalu, masa kini, atau masa depan. 

  • Present Tense: Menjelaskan sebuah tindakan yang sedang terjadi atau kebiasaan. (Contoh: I eat, She runs).
  • Past Tense: Menyatakan tindakan yang telah terjadi di masa lalu. (Contoh: I ate, She ran).
  • Future Tense: Memberitahukan tindakan yang akan terjadi. (Contoh: I will eat, She will run).
  • Present Perfect: Menjelaskan bahwa tindakan yang sudah selesai pada suatu waktu yang tidak spesifik di masa lalu, namun masih bisa dirasakan ketika pembicaraan terjadi. (Contoh: I have eaten, She has run).
  • Past Perfect: Penjelasan atas tindakan yang telah selesai sebelum tindakan lain di masa lalu. (Contoh: I had eaten, She had run).
  • Future Perfect: Menggambarkan sebuah tindakan yang akan sudah selesai pada titik waktu tertentu di masa depan. (Contoh: I will have eaten, She will have run).

3. Clauses & Phrases

Clauses (Klausa) dan Phrases (Frasa) adalah jenis kalimat dalam bahasa Inggris yang memiliki tujuan berbeda. Klausa memiliki struktur berupa subjek dan predikat dan dapat berdiri sendiri (independent clause) atau tidak (dependent clause). Sedangkan Frasa mempunyai subjek dan predikat lengkap, serta memiliki fungsi sebagai bagian dari kalimat untuk memberikan informasi tambahan.

Agar kamu bisa mudah memahaminya, berikut adalah contoh penggunaan klausa dan frasa dalam bahasa Inggris:

Clauses

  • Independent Clause: Memiliki struktur kalimat yang lengkap dengan posisi subjek serta predikat yang jelas. (Contoh: She is reading a novel).
  • Dependent Clause: Klausa yang membutuhkan klausa independen untuk menjadi sebuah kalimat bermakna lengkap. Klausa ini sering dimulai dengan kata penghubung seperti because, although, if, when, dll. (Contoh: Although she is sad, she continues to study).

Phrases

  • Noun Phrase: Frasa yang berfungsi sebagai kata benda. (Contoh: The quick brown fox).
  • Verb Phrase: Frasa yang mengandung kata kerja utama dan kata kerja bantu (jika ada). (Contoh: is walking fast).
  • Adjective Phrase: Frasa yang berfungsi sebagai kata sifat untuk menjelaskan kata benda. (Contoh: full of flowers).
  • Adverb Phrase: Frasa yang berfungsi sebagai kata keterangan untuk menjelaskan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya. (Contoh: very quickly).
  • Prepositional Phrase: Frasa yang dimulai dengan kata depan dan diikuti oleh objek kata depan (kata benda atau kata ganti). (Contoh: in the garden).

Perbedaan Grammar Bahasa Inggris dan Indonesia

Setelah memahami dasar grammar dalam bahasa Inggris, kamu juga harus tahu beberapa perbedaan dasar dalam tata ejaan antara Indonesia dengan Inggris, seperti berikut ini:

PerbedaanIndonesiaInggris
TensesTidak menggunakan tenses; waktu ditunjukkan melalui keterangan waktu (Misalnya, sekarang, kemarin, besok)Menggunakan tenses untuk menunjukkan waktu terjadinya suatu tindakan (misalnya, present, past, future)
SubjekBisa dihilangkan karena konteks kalimat bisa dipahami tanpa subjek. Dalam bahasa Indonesia juga tidak membedakan jenis kelamin (dia) dan sama untuk semua orang, contohnya seperti saya, kami/kita.Bahasa Inggris harus selalu menyatakan subjek mereka dalam kalimat. Selain itu, terdapat perbedaan penyebutan berdasarkan jenis kelamin subjek (Misalnya, I, you, he, she)
ArtikelBahasa Indonesia tidak perlu menggunakan artikel untuk menjelaskan subjek. Wajib menggunakan artikel seperti the, a, an untuk menjelaskan subjek atau objek yang ditulis.

Itulah berbagai penjelasan tentang cara cek grammar online yang akurat dan mudah. Xerpihan jadi sebuah solusi cerdas untukmu yang ingin cek grammar serta parafrase berbagai jenis tulisan mulai dari konten hingga jurnal ilmiah akademis. Saatnya konsultasikan kebutuhan penulisanmu bersama Xerpihan dan dapatkan penawaran spesial.

Tingkatkan kualitas dan kredibilitas tulisanmu dengan menggunakan jasa proofreading dan cek grammar dari Xerpihan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera konsultasikan tulisanmu sekarang!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *