5 Cara Membuat Subtitle Otomatis untuk Video TikTok hingga YouTube

5 Cara Membuat Subtitle Otomatis untuk Video TikTok hingga YouTube

Sering kali kita melihat para content creator membuat video yang dilengkapi dengan subtitle pada saat mereka berbicara. Apakah para content creator ini membuatnya secara manual? Jawabannya tentu tidak. Mereka memanfaatkan berbagai teknologi seperti AI sebagai cara membuat subtitle otomatis yang mudah dilakukan.

Adanya subtitle pada sebuah konten tentu memudahkan kita dalam memahami konten yang dibuat, sehingga tidak terjadi disinformasi. Tapi, kamu juga bisa membuat subtitle secara manual menggunakan berbagai aplikasi editing video saat ini seperti Adobe Premiere dan sejenisnya. Namun tak bisa dipungkiri hal tersebut akan memakan waktu yang lebih lama dan tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

Nah, untuk mempermudah proses editing pada konten yang kita buat, saatnya cari tahu bagaimana cara membuat subtitle otomatis gratis yang bisa kamu coba menggunakan handphone saja!

Apa itu Subtitle Video?

Cara Membuat Subtitle Otomatis
Source: Freepik

Subtitle, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan takarir, sulih teks, dan sari kata, merupakan tulisan yang berisi narasi dalam sebuah video maupun film. Subtitle biasanya ditempatkan di bagian bawah layar dan bisa berupa teks dalam bahasa asli video atau terjemahan ke bahasa lain. 

Teks yang ditampilkan pun disesuaikan dengan jangkauan penonton dari video tersebut. Jenis subtitle video pun terbagi menjadi beberapa jenis, seperti berikut ini:

Subtitle Tertutup

Subtitle Tertutup (Closed Caption) merupakan teks yang dibuat khusus bagi komunitas difabel sehingga masih bisa menikmati konten yang disajikan. Terdapat beberapa elemen yang harus masuk ke dalam sebuah Closed Caption seperti efek suara, identifikasi pengisi suara (speaker), termasuk latar belakang musik maupun suara yang tersaji. Umumnya, kita bisa menemukan CC pada YouTube, maka secara otomatis akan memunculkan teks berupa subtitle.

Subtitle Terbuka

Jenis subtitle berikutnya adalah subtitle terbuka yang biasanya dibuat dalam video tanpa mengandalkan fitur yang ada di sebuah platform. Jenis subtitle inilah yang saat ini digunakan oleh banyak kreator untuk menciptakan konten yang lebih interaktif, menarik, dan juga mampu memperluas jangkauan audiens. 

Transkrip

Transkrip merupakan teks yang berisi kata demi kata dari apa yang diucapkan dalam sebuah rekaman audio atau video. Perbedaan transkrip dan subtitle berada dalam format penulisannya. Biasanya berupa dokumen teks panjang yang mencakup seluruh konten secara detail, disusun dalam bentuk paragraf atau dialog dengan tanda waktu tertentu.

Cara Membuat Subtitle Otomatis untuk Berbagai Macam Video

cara membuat subtitle otomatis
Source: Freepik

Ada beberapa cara membuat subtitle otomatis yang bisa dicoba, mulai dari manual dan juga menggunakan jasa profesional. Di bawah ini adalah beberapa platform yang bisa dicoba:

1. CapCut

CapCut adalah aplikasi untuk edit video yang bisa digunakan melalui handphone maupun PC. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat konten TikTok karena fiturnya yang compact dan juga mudah dipahami pemula. Tertarik untuk edit subtitle video di CapCut? Berikut cara membuat subtitle otomatis di CapCut:

  • Download aplikasi CapCut melalui AppStore atau Google Play Store. Kemudian, buka aplikasi CapCut.
  • Klik “Create Project” dan pilih video mana yang akan kamu berikan subtitle. 
  • Setelahnya, kamu bisa memilih fitur “Text” lalu klik “Auto Captions”
  • Pilih metode yang kamu inginkan, CapCut menyediakan beberapa pilihan seperti melalui audio ataupun video. Jangan lupa untuk memilih bahasa yang digunakan dalam video tersebut untuk memudahkan sistem CapCut mendapatkan subtitle. 
  • Bagi pemilik akun CapCut Pro, pengguna bisa menggunakan fitur seperti Bilingual Captions, Filler Words, dan juga tersedia template subtitle yang unik.
  • Setelahnya, kamu bisa klik “Generate” dan menununggu hasil subtitle keluar.

2. YouTube Studio

YouTube Studio adalah sebuah platform yang dikeluarkan oleh YouTube untuk membantu mengelola channel para pengguna. Tersedia berbagai fitur yang ada di YouTube Studio seperti memberikan hasil analisis hingga menyediakan fitur penambahan subtitle. Berikut ini adalah cara membuat subtitle otomatis gratis menggunakan YouTube Studio:

  • Login akun ke YouTube Studio menggunakan akun Google yang kamu miliki.
  • Klik menu “Subtitles” pada bagian kiri dashboard.
  • Pilih video mana yang ingin kamu edit dan tambahkan subtitle.
  • Pilih jenis bahasa yang ingin kamu tambahkan. YouTube menyediakan berbagai bahasa selain bahasa Inggris untuk membantu menjangkau audiens yang lebih luas.
  • Terakhir, klik “Add” dan secara otomatis video yang kamu unggah akan memiliki subtitle.

3. Filmora

Filmora juga menjadi aplikasi yang bisa kamu andalkan dalam membuat subtitle otomatis. Hampir sama dengan CapCut, kamu bisa menggunakan aplikasi ini melalui handphone saja. Kini saatnya cari tahu bagaimana cara membuat subtitle otomatis gratis dengan Filmora:

  • Download aplikasi Filmora melalui Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi Filmora dan pilih video mana yang ingin ditambahkan subtitle.
  • Selanjutnya, klik menu “Speech to Text” yang ada, lalu pilih bahasa yang ingin dideteksi dalam video tersebut.
  • Jika sudah, klik “Generate” dan tunggu selama beberapa saat hingga sistem yang ada di Filmora memunculkan teks subtitle.
  • Terakhir, kamu bisa menyesuaikan teks subtitle yang ada dengan berbagai gaya dan juga format. Apabila terjadi kesalahan pada subtitle otomatis yang ditulis, pengguna masih bisa melakukan revisi secara manual.

4. Media.io

Media.io adalah sebuah platform dimana kita bisa membuat subtitle video otomatis dengan praktis. Teknologi yang digunakan oleh Media.io adalah artificial intelligence yang membantu kita dalam mengoversi audio menjadi sebuah teks. Jika kamu berencana menggunakan Media.io, ini dia cara membuat subtitle otomatis gratis yang bisa dicoba:

  • Buka website www.media.io, kemudian buat akun baru.
  • Pilih video mana yang ingin diedit dan juga ditambahkan subtitle.
  • Lalu, kamu bisa masuk ke menu Timeline Edit dan klik “Subtitle” yang ada di panel sebelah kiri dashboard.
  • Tentukan bahasa yang ingin digunakan dalam video. Media.io menyediakan beberapa pilihan bahasa mulai dari Inggris, Spanyol, hingga Prancis yang bisa kamu sesuaikan.
  • Langkah terakhir, kamu bisa klik tombol “Start” untuk membuat sistem melakukan transkrip otomatis. Tunggu selama beberapa saat hingga transkrip muncul dan videomu pun siap untuk disimpan.

5. Xerpihan

Xerpihan adalah jasa subtitle Indonesia dan Inggris yang bisa membantumu dalam berbagai kebutuhan video. Untuk menggunakan Xerpihan, kamu bisa mengikuti cara mebuat subtitle otomatis di bawah ini:

  • Kunjungi website resmi Xerpihan di www.xerpihan.id
  • Pilih layanan Subtitle yang ada pada halaman utama.
  • Hubungi langsung ke Customer Service Xerpihan mengenai kebutuhanmu dalam subtitle video.
  • Di samping itu, kamu juga bisa memilih paket subtitle mana yang paling cocok untuk kebutuhanmu.
  • Tunggu 1×24 jam dan akhirnya video yang kamu unggah akan memiliki subtitle otomatisnya.

Apa Saja Fungsi Subtitle Video Otomatis?

Setelah mengetahui apa saja cara membuat subtitle otomatis gratis, saatnya kamu mempelajari lebih lanjut apa saja fungsi subtitle. Berikut ini adalah beberapa fungsi subtitle yang harus dipahami:

1. Memperluas Jangkauan Audiens

Menggunakan subtitle pada video secara tidak langsung akan membantu memperluas jangkauan audiens kita. Apalagi jika kamu menggunakan subtitle bahasa asing seperti Inggris, Korea, ataupun Jepang. Alternatif bahasa ini memungkinkan video mu untuk dinikmati audiens-audiens baru, sehingga bisa meningkatkan jumlah penonton. Selain itu, jika kamu menggunakan subtitle dalam bahasa yang sesuai narasi, hal tersebut akan membantu penonton dalam komunitas disabilitas dalam memahami konteks video. 

2. Mengurangi Disinformasi Konten

Saat ini kita dihadapkan dengan banyaknya disinformasi konten yang beredar di media sosial. Salah satu penyebabnya adalah tidak ada subtitle yang jelas pada sebuah video, sehingga bisa menimbulkan persepsi baru bagi orang-orang tertentu yang merasa konteks dalam video tidaklah jelas. 

Subtitle dapat berperan penting dalam mengurangi disinformasi konten dengan menyediakan teks yang jelas dan akurat untuk informasi yang disampaikan dalam video atau audio. Ketika informasi disajikan dalam format teks, hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahpahaman atau salah tafsir yang sering kali muncul dari penangkapan audio yang tidak jelas, aksen yang sulit dimengerti, atau kualitas suara yang buruk. 

Selain itu, dengan adanya subtitle, informasi dapat dengan mudah dikonfirmasi dan dibandingkan dengan sumber lain, sehingga meningkatkan akurasi dan kepercayaan terhadap konten yang disampaikan. Hal ini terutama penting dalam konteks informasi yang sensitif atau kritis, di mana penyampaian yang akurat dan jelas sangat diperlukan untuk menghindari penyebaran disinformasi.

3. Meningkatkan Nilai SEO pada Konten

Banyak content creator yang belum tahu bahwa subtitle memiliki peran penting pada Search Engine Optimization (SEO) konten. SEO tak hanya digunakan pada konten berbentuk tulisan saja, namun juga merambah pada konten video. Di platform mana pun, mesin pencari akan menampilkan konten sesuai dengan audio serta teks yang tercantum pada video tersebut. 

Kehadiran subtitle tentu membuat konten kita menjadi lebih mudah ditemukan karena mesin pencari dapat membaca dan memproses teks untuk memahami topik dan relevansinya. Hal ini memungkinkan konten untuk muncul dalam hasil pencarian yang lebih tinggi ketika pengguna mencari kata kunci terkait. 

Di samping itu, kamu bisa melengkapi konten dengan memberikan deskripsi yang jelas, menggunakan judul yang mengandung kata kunci dari topik konten, serta menggunakan hashtag yang relevan.

4. Mempermudah Konsumsi Konten di Berbagai Situasi

Adanya subtitle pada video memudahkan penonton atau audiens untuk menikmati konten dalam berbagai situasi. Contohnya, audiens kita masih bisa menikmati video di tempat umum seperti pada kereta, bus, maupun mobil sehingga terkadang tidak memungkinkan untuk menggunakan earphone. Bila terdapat subtitle, audiens tetap dapat memahami konten video dengan membaca subtitle. 

Tak hanya itu, subtitle juga berguna dalam situasi di mana suara latar belakang mungkin terlalu bising, atau ketika penutur dalam video memiliki aksen yang sulit dipahami. Dengan adanya subtitle, audiens dapat lebih fleksibel dalam mengonsumsi konten kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh kondisi lingkungan mereka.

Buat Subtitle Video Makin Mudah dengan Xerpihan!

cara membuat subtitle otomatis

Sekarang lebih mudah membuat subtitle video dengan Xerpihan! Jika kamu memerlukan jasa subtitle bahasa Indonesia dan Inggris dengan harga terjangkau, Xerpihan hadir untuk memberikan solusi terbaik.

Subtitle dari Xerpihan sangat cocok untuk kamu yang memiliki konten video maupun film, sehingga memiliki subtitle yang relevan dan akurat. Ada berbagai kelebihan dari Xerpihan untuk memenuhi kebutuhan subtitle mu, seperti:

  • Tersedia closed caption untuk video yang lebih aksesibel.
  • Fitur timecoding teks dan juga formatting style subtitle agar lebih personal.
  • Harga lebih terjangkau dan sangat cocok untuk berbagai kebutuhan konten mulai dari hiburan, profesional, hingga ilmiah.
  • Jaminan kerahasiaan seluruh data yang terdapat dalam video dalam Non-Disclosure Agreement.
  • Dipercaya lebih dari 1,000 klien mulai dari influencer, YouTuber, hingga rumah produksi film.

Kamu bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan videomu. Mulai dari Rp100.000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan subtitle yang sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, Xerpihan juga bisa menyelesaikan kebutuhan transkripsi audio menjadi teks hanya dalam 24 jam saja.

Buat subtitle video dengan mudah dan cepat menggunakan layanan jasa subtitle di Xerpihan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buat subtitle videomu dengan Xerpihan sekarang!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *