Daftar Website Penerjemah Bahasa Inggris untuk Parafrase, Dijamin Akurat!

Daftar Website Penerjemah Bahasa Inggris untuk Parafrase, Dijamin Akurat!

Sering merasa kesulitan pada saat membaca sebuah teks bahasa Inggris dan ingin mengartikannya ke bahasa Indonesia untuk mudah dipahami? Kamu berada di tempat yang benar. Website penerjemah bahasa Inggris menjadi sebuah solusi efektif untuk membuat komunikasi serta pekerjaan jadi lebih mudah.

Selain Google Translate, masih ada banyak website penerjemah bahasa Inggris yang bisa diandalkan untuk melakukan parafrase. Namun perlu diketahui bahwa setiap website biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sesuai dengan fitur yang mereka tawarkan.

Kali ini, kita akan membahas lengkap tentang daftar website penerjemah bahasa Inggris yang akurat untuk kamu coba langsung.

Fungsi Website Penerjemah Bahasa Inggris

Sebelum menentukan mana website yang paling cocok untukmu, kamu harus memahami apa saja fungsi utama dari website penerjemah bahasa Inggris. Berikut adalah fungsi-fungsi utama yang harus dipahami:

1. Melatih Kemampuan Bahasa

Hanya bermodalkan website penerjemah bahasa Inggris, kita bisa mempelajari beragam kosakata baru setiap saatnya. Pada saat menerjemahkan Indonesia-Inggris ataupun sebaliknya, kita bisa memahami bahwa terkadang kata yang diartikan bisa memiliki makna ganda ataupun digunakan pada situasi tertentu. Biasanya setiap website translator bahasa Inggris ke Indonesia memiliki fitur audio untuk membantu kita dalam mengeja kalimat ataupun kata.

2. Memudahkan Penulisan dan Penyuntingan

Bagi mereka yang bekerja sebagai editor atau penulis, hadirnya website translator bahasa Inggris ke Indonesia tentu jadi sebuah tools yang sangat membantu. Para penulis bisa mendapatkan mana pemilihan kata yang tepat dan juga akan merasa terbantu dalam penulisan grammar yang benar. Pada beberapa teks yang mengandung idiom, website penerjemah akan memberikan parafrase yang akurat sesuai dengan istilah yang ada di bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

3. Memperbaiki Grammar

Pada saat menulis ke bahasa Inggris, kita juga akan dibantu untuk memperbaiki grammar penulisan. Di setiap website penerjemah umumnya tersedia fitur grammar ini untuk membantu kita menulis kalimat yang benar dan mudah dipahami oleh orang lain.

4. Parafrase Tulisan

Fungsi lain dari website penerjemah bahasa Inggris adalah untuk membantu parafrase tulisan. Fitur ini membantu kita untuk terhindar dari plagiarisme dengan mengutamakan originalitas konten yang dibuat. Tak hanya itu, parafrase tulisan juga membantu untuk memperbaiki struktur penulisan kalimat sehingga terdengar lebih jelas, akurat, dan koheren. 

Cara Memilih Website Penerjemah yang Tepat

Dari sekian banyaknya website penerjemah yang ada, terdapat beberapa kriteria khusus yang harus kita perhatikan. Karena bahasa Inggris menjadi bahasa global yang banyak digunakan di berbagai negara, maka akurasi menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi sebuah website penerjemah. 

Google Translate menjadi website penerjemah yang paling umum digunakan oleh semua kalangan. Namun, banyak yang masih merasa bahwa hasil terjemahan dari Google Translate masih kurang relevan karena kesalahan grammar dan kosa katanya yang kurang variatif. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti dalam memilih website penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia yang benar:

1. Kredibilitas Website

Cara pertama untuk melihat sebuah website penerjemah kredibel ataupun tidak dapat dilihat berdasarkan tampilan website (interface) dan juga domain yang mereka gunakan. Website resmi penerjemah bahasa Inggris biasanya memiliki tampilan yang lebih modern dan user-friendly. Mereka juga cenderung menggunakan domain yang lebih umum seperti .com, atau kode negara dari perusahaan tersebut berasal.

Di samping itu, kita juga harus mencari tahu apa saja teknologi yang mereka gunakan pada website, seperti Artificial Intelligence dan lainnya. Lihat juga layanan apa yang diberikan oleh website tersebut, apakah hanya penerjemah saja ataupun bisa melakukan parafrase ataupun penyuntingan.

2. Testimoni Pengguna

Testimoni ini membantu calon pengguna memahami kualitas dan akurasi terjemahan yang ditawarkan, serta mengevaluasi apakah situs tersebut memenuhi harapan dan kebutuhan mereka. Selain itu, testimoni dapat memberikan gambaran tentang aspek lain seperti kemudahan penggunaan, kecepatan layanan, dan dukungan pelanggan, yang semuanya berkontribusi pada keputusan akhir. Testimoni bisa kita dapatkan tak hanya dari website mereka, namun kita juga bisa mencari tahunya melalui media sosial ataupun menanyakannya di forum-forum online.

3. Akurasi Terjemahan

Tips selanjutnya dalam memilih website translator bahasa Inggris ke Indonesia adalah melihat akurasi terjemahan. Terjemahan yang akurat tentu mampu menyelaraskan informasi jika disampaikan dalam kata-kata yang sesuai, tanpa ada kesalahan yang dapat mengubah konteks, intonasi, atau detail penting dari teks asli. Ini sangat penting dalam berbagai konteks seperti bisnis, hukum, medis, dan akademis di mana kesalahan terjemahan bisa berakibat serius, termasuk kesalahpahaman, kerugian finansial, atau masalah hukum. 

4. Fitur yang Ditawarkan

Pertimbangkan juga apakah fitur yang ditawarkan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Fitur tambahan seperti parafrase, terjemahan dokumen, terjemahan suara, dan integrasi API memungkinkan pengguna untuk tidak hanya mendapatkan terjemahan mentah, tetapi juga menyesuaikan dan mengoptimalkan teks yang mereka terjemahkan sesuai konteks spesifik. 

Daftar Website Penerjemah Bahasa Inggris Online yang Akurat

Google Translate bukanlah satu-satunya website translator bahasa Inggris ke Indonesia. Berikut adalah rekomendasi website penerjemah bahasa Inggris-Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif lainnya:

1. Grammarly

website penerjemah bahasa inggris
Grammarly

Siapa yang tidak mengenal website penerjemah bahasa Inggris Indonesia yang satu ini. Grammarly adalah website penerjemah ke bahasa Inggris yang memiliki beragam fitur seperti pemeriksaan tata bahasa, ejaan, tanda baca, hingga gaya penulisan. Pada Grammarly, kita bisa menyesuaikan aksen, jenis bahasa, dan intonasi nada yang ingin digunakan agar kalimat yang ditulis bisa jadi lebih jelas.

Aplikasi Grammarly bisa diakses menggunakan berbagai platform ponsel, laptop, hingga ekstensi pada browser. Tak hanya untuk kebutuhan pribadi, Grammarly cocok untuk berbagai jenis tulisan mulai dari akademis ataupun profesional.

Kelebihan

  • Memiliki fitur gaya penulisan yang beragam dan mampu mendeteksi kesalahan pada teks yang diberikan.
  • Fitur deteksi plagiarisme yang dimiliki Grammarly membantu pengguna untuk membuat konten yang original, fitur tersebut sangat penting bagi pengguna yang menulis dalam bidang akademis maupun profesional.
  • Grammarly menawarkan versi gratis dengan fitur dasar yang cukup membantu, sementara versi premium memberikan fitur lebih lengkap untuk pengguna yang membutuhkan.

Di sisi lain, Grammarly juga memiliki beberapa kekurangan. Meskipun dikenal sebagai salah satu aplikasi penerjemah yang paling akurat,  Grammarly masih berbasis algoritma AI yang tidak sempurna dan mungkin tidak menangkap semua nuansa atau konteks yang lebih kompleks dari bahasa manusia.

Tak hanya itu, Grammarly masih sering melakukan kesalahan “False Positive”. Artinya adalah, Grammarly mungkin menandai sesuatu sebagai kesalahan padahal sebenarnya tidak, terutama dalam kasus penggunaan bahasa yang lebih kreatif atau tidak konvensional.

Kekurangan lainnya adalah keterbatasan untuk menerjemahkan dari bahasa lainnya. Saat ini Grammarly masih belum efektif dalam menerjemahkan ke bahasa lainnya atau melakukan terjemahan multibahasa.

2. Yandex Translate

Yandex Translate

Yandex Translate tak hanya menjadi sebuah website penerjemah bahasa Inggris Indonesia saja, namun sudah tersinkronisasi dengan 102 bahasa lainnya dilengkapi dengan beberapa fitur seperti predictive typing, pronunciation, dan masih banyak lagi. Yandex merupakan perusahaan dari Russia yang bisa menerjemahkan berbagai jenis teks, dokumen, halaman website, bahkan gambar. 

Fitur penerjemahan gratis yang dimiliki Yandex pun dibatasi dengan maksimal 10,000 kata. Aplikasi Yandex Translate juga memiliki fitur seperti voice input yang bisa mengubah suaran menjadi teks. 

Kelebihan

  • Yandex Translate dapat menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain dengan cepat dan mudah, mencakup kalimat pendek hingga paragraf panjang dengan batas maksimal 10,000 kata.
  • Fitur yang ada di Yandex Translate memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks yang terdapat dalam gambar. Pengguna dapat mengunggah gambar yang berisi teks dan mendapatkan terjemahan langsung.
  • Mode offline adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks tanpa koneksi internet.
  • Layanan multibahasa yang dimiliki Yandex bisa menjadi tools komunikasi yang bisa digunakan pada aktivitas sehari-hari.
  • Yandex Translate adalah halaman penerjemah gratis, sehingga dapat diakses oleh semua orang tanpa biaya tambahan.

Meskipun banyak kelebihan, Yandex juga memiliki segelintir kekurangan yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan seperti akurasi terjemahan yang kurang. Akurasi terjemahan mungkin tidak memadai untuk teks yang kompleks atau memiliki nuansa tertentu. 

Karena gratis, Yandex Translate memiliki banyak iklan yang ditampilkan pada websitenya. Bila berbicara mengenai popularitas, Yandex Translate tidak sepopuler Google Translate maupun Grammarly. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan ini, pengguna dapat memutuskan apakah Yandex Translate cocok untuk kebutuhan mereka atau tidak.

3. Xerpihan

website penerjemah bahasa inggris
Xerpihan.id

Xerpihan adalah sebuah startup asal Indonesia yang membantumu dalam berbagai kebutuhan dalam penerjemah serta layanan bahasa lainnya. Xerpihan memiliki fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) bernama NOOT yang merupakan free-assistant yang bisa membantu pengguna dalam melakukan proofreading, transkripsi, parafrase teks, dan masih banyak lagi.

NOOT by Xerpihan didukung oleh 100+ translator profesional yang siap membantu pengguna 24/7 dalam menerjemahkan dokumen hingga kebutuhan tertulis lainnya. Saat ini Xerpihan telah dipercaya lebih dari 1,000+ klien dari berbagai universitas maupun korporasi di Indonesia untuk memberikan pelayanan berupa proofread, penyuntingan, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Xerpihan dibandingkan website penerjemah bahasa Inggris yang lainnya:

Kelebihan

  • Xerpihan menyediakan layanan customer service 24/7 yang siap melayani segala keperluan pengguna.
  • Tak hanya fitur penerjemah, Xerpihan juga memiliki fitur unggulan lainnya seperti membuat notulensi otomatis, membuat subtitle, hingga kelas bahasa Inggris yang bisa diikuti oleh siapapun.
  • Harga enterprise Xerpihan lebih murah dibandingkan biaya langganan di berbagai website penerjemah lainnya.
  • Terintegrasi dengan berbagai aplikasi lainnya untuk membantu produktivitas pengguna dalam kehidupan sehari-hari.

Gunakan layanan jasa translate bahasa Inggris Xerpihan untuk mendapatkan hasil terjemahan yang cepat dan akurat. Tunggu apa lagi? Yuk coba sekarang dan rasakan manfaatnya!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *