Daftar Beasiswa S2 Australia Terbaru, Terdapat Beasiswa Fully Funded Juga!

beasiswa s2 australia

Apakah kamu berkeinginan untuk pergi kuliah di Australia tanpa mengeluarkan biaya? Maka mencoba berbagai program beasiswa S2 Australia bisa jadi opsinya. Saat ini ada banyak anak muda di Indonesia yang bercita-cita untuk meneruskan pendidikan mereka ke berbagai negara besar, salah satunya di Negeri Kangguru ini.

Australia diakui oleh banyak negara Indonesia memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik, terutama untuk mereka yang berada di perguruan tinggi. Total terdapat lebih dari 40 perguruan tinggi yang berkualitas di Australia dan tersebar di berbagai kota mulai dari Canberra, Adelaide, Perth, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencari tahu apa saja beasiswa S2 Australia yang terbuka untuk calon mahasiswa global, Xerpihan telah merangkumnya hanya untukmu!

Jenis-Jenis Beasiswa S2 Australia

Secara umum jenis-jenis beasiswa terbagi menjadi beberapa kategori seperti potongan biaya ataupun full funded beserta uang saku tambahan. Namun jika dilihat dari penyelenggara beasiswa, terdapat dua kategori besar yang terbagi antara beasiswa pemerintah dan swasta. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

Beasiswa Swasta

Beasiswa swasta biasanya diselenggarakan oleh pihak universitas ataupun perusahaan-perusahaan besar yang memiliki yayasan. Ada berbagai kriteria yang biasanya ditetapkan perusahaan untuk menyeleksi calon mahasiswa mereka, mulai dari menulis essai, surat rekomendasi, piagam prestasi, dan masih banyak lagi. 

Dari segi nominal, beasiswa swasta biasanya menawarkan potongan dari jumlah biaya akademik tiap tahunnya. Namun, tak jarang juga mereka memberikan beasiswa S2 fully funded untuk para calon mahasiswa berprestasi. 

Beasiswa Pemerintah

Sedangkan beasiswa pemerintah, terutama di Indonesia dikenal juga dengan istilah LPDP yang membantu banyak warga negara Indonesia untuk mendapatkan kesempatan berkuliah di dalam maupun luar negeri. Bagi para penerima beasiswa LPDP tidak akan dikenakan biaya kuliah dan juga mendapatkan tambahan uang saku bulanan. Karena diselenggarakan oleh lembaga pemerintahan, maka untuk lolos ke LPDP pun cukup sulit, ditambah setiap calon mahasiswa harus melewati rangkaian tes yang panjang. 

Daftar Beasiswa S2 Australia, Adakah Kampus Impianmu?

Dari sekian banyak universitas yang ada di Australia, hanya segelintir instansi yang diincar oleh banyak anak muda di Indonesia karena kualitas pendidikannya yang di atas rata-rata. Berikut adalah deretan daftar universitas beasiswa S2 Australia yang bisa dicoba untuk 2025!

Curtin University

beasiswa s2 australia
Curtin University

Curtin University berlokasi di Perth, Australia dan sudah berdiri sejak tahun 1900. Sebagai salah satu kampus tertua di Australia, Curtin University membuka beberapa fakultas seperti Business & law, Health Sciences, Humanties, Science & Engineering, dan masih banyak lagi. Saat ini Curtin University menerima beberapa jenis beasiswa seperti:

  • Australia Awards Scholarships (AAS) – Fully Funded
  • Global Curtin Scholarships (Alumni & Family) – Waiver/Diskon 25% pada tahun pertama

Monash University

Monash University
Monash University

Monash University bisa dibilang sebagai universitas terbaik di Australia yang sudah berdiri pada tahun 1958 dengan berbagai pilihan jurusan. Sejak 66 tahun didirikan, Monash University sudah memiliki lebih dari 25 ribu alumni S2. Apakah kamu berencana untuk mendapatkan beasiswa S2 Ausralia di kampus ini? Cek daftar penyelenggaranya berikut ini:

  • Australia Awards Scholarships (AAS) – Fully Funded
  • Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) – Fully Funded

Western Sydney University

Western Sydney University
Western Sydney University

Western Sydney University masuk ke dalam 250 universitas terbaik dunia. Jurusan yang paling populer di Western Sydney University saat ini adalah komunikasi dan juga kreatif. Pasalnya, dua industri tersebut telah berhasil mendongkrak perekonomian Australia dalam beberapa tahun belakangan. Berikut adalah beberapa beasiswa yang bisa dicoba untuk mendaftar ke Western Sydney University:

  • Western Sydney International Schlarships (Undergraduate) – Diskon sebesar AUD$6,000 per tahun untuk biaya pendidikan dengan maksimal tiga tahun
  • Western Sydney International Scolarship (Postgraduate) – Diskon biaya AUD$6,000 untuk setiap tahunnya dengan maksimal 2 tahun
  • Vice-Chancellor’s Academic Excellence Undergraduate Scholarships — Diskon 50% biaya pendidikan.

Charles Darwin University 

beasiswa s2 australia
Charles Darwin University 

Charles Darwin University bisa menjadi opsi selanjutnya untuk kamu yang sedang mencari beasiswa S2 Australia 2025. Universitas yang terletak di Darwin dan didirikan pertama kali pada tahun 1974, kemudian mendapatkan status universitas pada 1989. Di bawah ini adalah beberapa jenis beasiswa untuk kamu yang berencana meneruskan pendidikan di Charles Darwin University:

  • Vice-Chancellor’s International High Achievers Scholarships (VCIHAS) — Diskon 50% dari biaya pendidikan.
  • CDU Global Merit Scholarship — Diskon 30% dari biaya pendidikan.
  • CDU International College Pathway Scholarship – Diskon 20% dari biaya pendidikan

Australian National University

Australian National University
Australian National University

Australian National University masuk ke dalam peringkat ke-23 dari 200 universitas terbaik di dunia oleh Times Higher Supplement. Sejak didirikan pada tahun 1946, Australian National University sudah melahirkan puluhan ribu alumni S2. Tertarik untuk mendaftar S2 ke Australian National University? Ini adalah beberapa beasiswa yang bisa dicoba:

  • LPDP – Fully funded dari Pemerintah Indonesia
  • James Rice Postgraduate Award – Diskon AUD$34,0000 per tahun
  • Anjeli Nathan Memorial Scholarship – Diskon AUD$7,000 per tahun

La Trobe University

La Trobe University
La Trobe University

La Trobe University berada di Melbourne yang sudah berdiri sejak 1967 silam. Pada tahun 2015, universitas ini masuk ke dalam peringkat 100 universitas terbaik dunia yang berusia di bawah 50 tahun. Jika kamu tertarik untuk mendaftar di La Trobe University, ini dia beberapa beasiswa S2 Australia yang bisa dicoba:

  • Placement Travel Bursary – Diskon AUD$660-1320 untuk setiap tahun
  • La Trobe High Achiever Scholarship — Diskon 25% dari biaya pendidikan

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Beasiswa S2 Australia

Sudah menentukan mana kampus yang menjadi cita-citamu untuk mendapatkan beasiswa S2 di Australia? Saatnya mulai mempersiapkan segala kebutuhan untuk sekolahmu di luar negeri sebelum batas akhir pendaftaran dari masing-masing universitas. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa S2 Australia 2025!

Kemampuan Bahasa Inggris untuk Beasiswa S2 Australia

Tak bisa dipungkiri bahwa kemampuan bahasa Inggris menjadi sebuah tolok ukur penting untuk mendapatkan beasiswa baik pemerintah atau swasta.Tingkatan bahasa Inggris yang diperlukan pun sudah harus fasih karena semua materi perkuliahan akan disampaikan menggunakan bahasa Inggris. 

Banyak jurnal akademik  dan literatur ilmiah ditulis dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu tiap mahasiswa juga harus membekali dirinya sendiri dengan penulisan & pengucapan yang fasih agar mempermudah proses perkuliahan. Selain untuk keperluan akademik, kemampuan bahasa Inggris juga diperlukan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar kampus.

Memiliki kemampuan yang bagus dalam bahasa Inggris juga akan mempermudah kita dalam mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Ketika ingin kembali ke negara asal, ada banyak perusahaan multinasional yang membuka posisi  tinggi dengan kualifikasi bisa berbahasa Inggris dengan baik.

Tes Sertifikasi Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS)

Tes sertifikasi bahasa Inggris juga menjadi syarat wajib untuk bisa berkuliah di luar negeri. Adanya sertifikat seperti TOEFL/IELTS akan membantu dalam verifikasi apakah seseorang tersebut bisa mengikuti jalannya perkuliahan atau tidak. Selain itu, dalam pengajuan visa, memiliki sertifikat bahasa Inggris akan sangat berpengaruh untuk disetujui atau tidaknya. 

Perlu diketahui juga bahwa setiap universitas memiliki standar yang berbeda-beda untuk nilai minimal akademik mahasiswa mereka. Untuk universitas yang memiliki peringkat tinggi secara global, maka nilai minimal untuk tes IELTS atau TOEFL juga akan lebih tinggi. 

Dokumen Terjemahan ke Bahasa Inggris untuk Beasiswa S2 Australia

Setelah kamu mempersiapkan kedua hal di atas, saatnya mempersiapkan berkas-berkas administrasi dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk membantumu dalam membuat berkas administrasi.

Berkas yang harus diterjemahkan ke bahasa Inggris untuk keperluan S2 antara lain ijazah, transkrip nilai, essay, motivation letter, LoA (Letter of Acceptance), dan masih banyak lagi. Kamu juga harus tahu bahwa tidak semua penerjemah memiliki hak legal untuk menerjemahkan dokumen. 

Hanya penerjemah khusus yang sudah lolos ujian sertfikasi oleh Kementerian Hukum dan HAM yang diperbolehkan untuk menerjemahkan dokumen terkait legalitas. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan layanan jasa penerjemah tersumpah dengan mudah bersama Xerpihan!

Xerpihan memiliki lebih dari 100 penerjemah tersumpah yang bisa kamu pilih untuk membantu menerjemahkan dokumen secara legal. Mengapa harus Xerpihan?

  • Layanan customer service siap membantumu selama 24/7
  • Biaya yang lebih terjangkau dibandingkan penyedia jasa lainnya
  • Jaminan kerahasiaan data dengan perjanjian Non-Disclosure Agreement (NDA)
  • Waktu pengerjaan lebih cepat, kurang <24 jam dengan revisi sepuasnya
  • Terpercaya +1,000 klien yang terdiri lembaga, korporasi, dan instansi ternama di Indonesia

Jadi, tunggu apalagi? Yuk konsultasikan kebutuhan bahasa mu bersama Xerpihan sekarang juga!

Gunakan layanan jasa terjemah Xerpihan untuk mendapatkan hasil terjemahan yang cepat dan akurat. Tunggu apa lagi? Yuk coba sekarang dan rasakan manfaatnya!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *