Apa itu Verbatim Wawancara? Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

varbatim wawancara

Apakah kamu asing dengan istilah verbatim wawancara? Istilah ini memang jarang digunakan dalam kejadian sehari-hari. Pada dasarnya verbatim adalah nama lain dari transkrip wawancara, dimana kita akan menulis seluruh isi audio pada sesi wawancara yang dilakukan.

Bila kamu bekerja di bidang media ataupun komunikasi, sesi wawancara tentu menjadi makanan sehari-hari. Setiap narasumber yang diwawancarai akan membicarakan berbagai topik yang menarik dan seru untuk dijadikan sebagai bahan publikasi (artikel, konten audio, video, dan lainnya).

Agar kamu tidak keliru dengan apa itu verbatim wawancara beserta contohnya, yuk simak sampai akhir penjelasan berikut ini! 

Pengertian Verbatim Wawancara 

Verbatim wawancara adalah transkripsi dari pembicaraan selama sesi interview berlangsung antara narasumber dengan pewawancara. Setiap kata, ejaan, istilah yang ditulis dalam verbatim harus sesuai dengan apa yang dikatakan, tanpa mengganti atau merubah inti percakapan. Proses pembuatan transkripsi wawancara bisa ditentukan berdasarkan panjangnya durasi.

Semakin panjang dan lama durasi wawancara, maka transkrip yang dibuat juga akan semakin lama. Ada beberapa faktor lainnya yang sering kali membuat proses transkrip menjadi semakin sulit, antara lain:

  • Kualitas audio rekaman yang buruk, latar belakang suara yang bising, atau pembicara yang tidak jelas bisa membuat sulit untuk mendengar dan memahami apa yang dikatakan.
  • Jika pembicara berbicara dengan cepat atau berbicara secara bersamaan, itu bisa menyulitkan kita untuk mengikuti dan menuliskannya dengan akurat.
  • Bila sesi wawancara berhubungan dengan sesuatu yang sangat teknikal dan spesifik, kita sebagai penulis transkrip memerlukan pemahaman mendalam tentang terminologi tertentu, sehingga bisa memahami konteks pembicaraan.
  • Penulis transkrip wawancara harus bisa menangkap mosi, humor, ironi, atau sarkasme dari pembicaraan bisa sulit dan memerlukan interpretasi kontekstual yang tepat.
  • Ketika transkrip dilakukan secara langsung pada saat sesi wawancara, konsentrasi penulis dapat terpecah ketika tidak bisa mencatat pembicaraan yang sedang dilakukan.

Apa Saja yang Harus Ada di Verbatim Wawancara

varbatim wawancara
Source: Javi Indy – Freepik

Sebuah verbatim wawancara harus bisa mencakup 5W + 1H dari topik yang dibahas. Namun, secara umum terdapat beberapa struktur khusus yang bisa diikuti sebagai acuan pembuatan transkrip. Berikut ini adalah apa saja yang harus ada dalam verbatim wawancara:

Informasi Dasar

Beberapa informasi dasar seperti nama narasumber, tanggal dilaksanakan interview, hingga topik yang diangkat wajib untuk ditampilkan dalam transkrip wawancara. Fungsinya adalah untuk membantu para pembaca dalam memahami isi dari wawancara tersebut dan membayangkan percakapan yang terjadi.

Selain itu, informasi dasar juga akan mempermudah kita dalam mengolah transkrip wawancara menjadi sebuah karya tulis resmi seperti jurnal penelitian, laporan, karya ilmiah, dan masih banyak lagi. Originalitas sebuah transkrip juga dapat dibuktikan melalui informasi dasar namun detail pada saat wawancara tersebut untuk menunjukkan bahwa sesi dialog  benar-benar terjadi dan tidak dibuat-buat.

Struktur Laporan Wawancara

Hal selanjutnya yang harus ada dalam transkrip wawancara ialah sebuah struktur laporan wawancara. Sebuah struktur laporan wawancara berisi beberapa hal umum seperti daftar pertanyaan, durasi wawancara, non-verbal clues (keterangan tambahan mengenai beberapa hal seperti suara, intonasi, emosional konteks lainnya). Struktur ini akan memudahkan kita dalam menuliskan informasi tanpa perlu repot memutar ulang rekaman wawancara.

Timestamp

Timestamp atau stempel waktu memiliki andil besar untuk melakukan editing dan juga menyusun alur wawancara. Jika sebuah sesi wawancara berlangsung lama dan memiliki banyak topik, tentu akan memakan banyak waktu dalam menyusun verbatimnya. Oleh karena otu timestamp berperan besar dalam memberikan panduan tentang durasi diskusi setiap topik atau pertanyaan.

Identitas Narasumber & Latar Belakang

Jangan lupa untuk menulis identitas narasumber secara lengkap mulai dari nama, jabatan, serta gelar mereka. Informasi tersebut akan membantu pembaca memahami dasar dari opini atau jawaban yang diberikan. Dalam konteks akademis atau jurnalistik, identitas narasumber penting untuk rujukan dan referensi. Pembaca yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang narasumber atau mencari wawancara lain dengan individu yang sama akan menemukan informasi ini sangat berguna.

Catatan Tambahan

Catatan tambahan dalam transkrip wawancara berfungsi untuk memberikan konteks, klarifikasi, dan informasi tambahan yang mungkin tidak tercakup dalam percakapan langsung tetapi penting untuk bisa memahami tulisan dengan lebih baik. Biasanya catatan tambahan ini menuliskan tentang detail relevan terkait istilah teknis atau bahkan kesalahan ungkapan saat sesei wawancara berlangsung. 

Contoh Verbatim Wawancara

Di bawah ini adalah beberapa contoh verbatim wawancara yang bisa kamu jadikan sebagai acuan:

Contoh 1

Waktu 20 Juli 2024
Durasi12 Menit
TopikKehidupan yang Selaras dengan Alam dan Berkelanjutan
NarasumberNana Mirdad
Timestamp01:00-02:05Pewawancara: Sudah berapa lama kak Nana menjalani hidup sustainability ini? Dan bagaimana sebagai masyarakat Bali melihat perubahan drastis yang terjadi hanya dalam beberapa tahun belakangan?
Nana Mirdad: Saya sudah beberapa tahun belakangan ini menerapkan sustainability ketika di rumah maupun bekerja. Jadi sebisa mungkin tidak menghasilkan sampah tambahan yang bisa merusak lingkungan.
Kalau melihat bagaimana keadaan bali saat ini, tentu kita bisa melihat bahwa isu sampah jadi salah satu masalah yang besar. Memang sudah banyak gerakan untuk sustainability yang diterapkan seperti tidak boleh menggunakan plastik saat berbelanja, tapi kan inti dari hidup berkelanjutan bukan hanya itu saja.

Pewawancara: Ngomong-ngomong soal sampah, kemarin kan Bali sempat dilanda penumpukan sampah. Menurut kak Nana gimana tuh?
Nana Mirdad: Kalo dari aku sendiri sih melihatnya cukup miris ya, karena ada banyak solusi yang bisa dilakukan, tapi belum didukung pemerintah. Sebenarnya, di Bali ada banyak workshop yang mengedukasi tentang bank sampah, daur ulang, dll tapi kayanya belum berhasil karena dorongan ke masyarakat masih kecil.

….dan seterusnya.

Contoh 2

Waktu 1 Agustus 2024
Durasi39 Menit
TopikMengulik Album Embrace dari Adrian Khalif
NarasumberAdrian Khalif
TimestampSesi Perkenalan
00:00-01:05
Pewawancara: Halo kak Adrian Khalif! 
Adrian Khalif: Halo semuanya, terima kasih sudah undang gue ke acara ini ya, rasanya deg-degan banget mau di interview.
Pewawancara: Hahaha… Bisa aja kak. Dilihat-lihat sekarang kak Adrian Khalif ini lagi sibuk bikin lagu sama tur promo ya?
Adrian Khalif: Iya, kebetulan kemarin baru aja balik dari Kuala Lumpur karena ada mini concert sama Tulus dan Vidi Aldiano juga. Terus beberapa minggu ke depan juga bakal muterin beberapa kota di Indonesia buat konser. Lumayan lah ya, hahaha…

Pewawancara: Sejak single Sialan bareng Juicy Luicy kemarin rilis, langsung boom banget ya lagu itu. Boleh diceritakan nggak kak sebenarnya makna dari lagu itu apa sih?
Adrian Khalif: Itu adalah cerita dua orang yang dulu pernah bersama terus putus. Akhirnya keduanya gagal buat move on karena rasa sayang mereka yang masih sama. Jadi, meskipun hubungan mereka udah bubar, entah kenapa takdir mempertemukan mereka lagi.
….dan seterusnya.

Masih merasa kesulitan untuk membuat transkrip wawancara? Saatnya gunakan Xerpihan untuk membantumu dalam membuat transkrip naskah secara otomatis. Sering kali kita merasa kewalahan untuk mencatat dialog naskah yang diputar dalam rekaman wawancara, alasan inilah yang membuat Xerpihan menciptakan NOOT.

NOOT by Xerpihan adalah sebuah tools berbasis teknologi Artficial Intelligence yang mampu meningkatkan produktivitas untuk kebutuhan linguistik dan rapat. NOOT mampu membuat transkripsi secara langsung berdasarkan video ataupun rekaman suara yang kamu miliki menjadi sebuah transkrip yang siap dibagikan.

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan NOOT by Xerpihan mulai dari dukungan customer service 24/7, integrasi ke dalam berbagai jenis bahasa, dipercaya oleh ribuan klien dari berbagai perusahaan ternama Indonesia, dan fitur linguistik lengkap yang membantu dalam berbagai kondisi pekerjaan.

Yuk, coba langsung NOOT by Xerpihan sekarang!

Buat transkrip wawancara dengan mudah dan cepat menggunakan NOOT by Xerpihan. Tunggu apa lagi? Yuk, coba NOOT sekarang dan rasakan manfaatnya!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *