10 Majas dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan, Yuk Cek Ada Apa Saja!

majas dalam bahasa inggris

Ternyata tak hanya di bahasa Indonesia saja, terdapat majas dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk mempercantik sebuah tulisan. Adanya sebuah majas dalam kalimat tentu akan membuatnya menarik untuk dibaca. Beberapa jenis majas bahkan bisa kita gunakan dalam sehari-hari karena sudah menjadi hal yang biasa.

Sebagai penulis, kamu bisa memperkaya kosa kata melalui pengetahuan tentang jenis-jenis majas. Dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, jenis majas sangatlah beragam bahkan lebih dari 10 tipe.

Saatnya mempelajari tentang majas dalam bahasa Inggris lebih dalam, mulai dari pengertian dan semua jenis-jenisnya!

Apa Majas dalam Bahasa Inggris?

Majas dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Figures of Speech. Biasanya, penulis menggunakan majas dalam kebutuhan tulisan sastra ataupun kreatif seperti puisi, naskah drama, prosa, dan retorika untuk menyampaikan makna atau emosi dengan cara yang lebih menarik atau mendalam. Figures of speech memperkaya bahasa dan membantu penulis atau pembicara menyampaikan pesan dengan cara yang lebih kuat dan berkesan. Tipe kalimat Figures of Speech adalah Figurative Language dimana penggunaan kata ungkapan akan berbeda dengan makna luteralnya. 

Apakah Terdapat Perbedaan Majas dalam Bahasa Inggris dengan Indonesia?

Secara umum tidak ada perbedaan besar baik dari majas dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. Untuk memahami perbedaan antara keduanya, simak informasi berikut ini sampai habis!

PerbedaanBahasa InggrisBahasa Indonesia
Jenis MajasBahasa Inggris memiliki puluhan jenis majas yang berbeda. Ada beberapa majas yang tidak ada dalam bahasa Indonesia seperti Assonance, Anaphora, dan Epistrophe.Sedangkan bahasa Indonesia secara kaidah memiliki 32 jenis majas, namun <10 yang paling sering digunakan dalam karya sastra. 
Struktur KalimatMajas dalam bahasa Inggris memiliki struktur kalimat yang lebih kompleks karena banyaknya fleksibilitas yang diberikan ketika penulisan.Struktur kalimat majas bahasa Indonesia jauh lebih simple dan sederhana.
Penggunaan KataKata-kata yang digunakan majas bahasa Inggris lebih beragam dan variatif, sehingga mampu menciptakan efek yang lebih mendalam.Bahasa Indonesia cenderung menggunakan kata-kata sederhana dengan makna yang lebih lugas.

10 Jenis-jenis Majas dalam Bahasa Inggris yang Wajib Hafal!

Kini saatnya mempelajari apa saja jenis majas dalam bahasa Inggris. Yuk, cari tahu ada majas apa saja!

Alliteration

Alliteration merupakan majas dalam bahasa Inggris yang menggunakan pengulangan konsonan pada awal kata yang bedekatan. Fungsi dari pengulangan konsonan ini adalah untuk menciptakan ritme.

Contoh: 

  • Peter Piper picked a peck of pickled peppers.
  • The fair breeze blew, the white foam flew.
  • Nick needed new notebooks.

Antithesis

Antithesis menjadi jenis figure of speech yang menuliskan dua ide bertentangan dalam sebuah kalimat. Para filsuf menjelaskan bahwa majas ini digunakan untuk keseimbangan serta penekanan pada sebuah argumen.

Contoh: 

  • To err is human; to forgive, divine.
  • It was the best of times, it was the worst of times.
  • Love is an ideal thing, marriage a real thing.

Apostrophe

Apostrophe da[pat diartikan sebagai tanda kutip (“) untuk menjelaskan bahwa ada dialog seseorang kepada orang lain yang tidak hadir secara fisik atau tidak bisa merespons. Biasanya majas ini ditemukan pada puisi, drama, dan prosa.

Contoh:

  • “Death, be not proud, though some have called thee mighty and dreadful.” 
  • “Twinkle, twinkle, little star, how I wonder what you are!”
  • “Hello darkness, my old friend”

Circumlocution

Circumlocution tergolong sebagai majas dalam bahasa Inggris dengan penyampaian yang “bertele-tele” atau memerlukan lebih banyak kata ketika menyampaikan sebuah pembicaraan. Majas ini sering dilakukan untuk menghindari topik tertentu, untuk menyampaikan sesuatu dengan cara yang lebih sopan atau halus, atau untuk memberikan penekanan tambahan. Circumlocution dapat membuat kalimat lebih panjang dan rumit daripada yang diperlukan.

Contoh:

  • He Died = He has passed away to a better place where he can find eternal rest.
  • Lying = Engaging in the act of communicating something that is not following the truth.
  • I am hungry = My stomach is growling

Epigram

Epigram adalah salah satu jenis figure of speech yang berupa pernyataan pendek, tajam, dan berkesan, sering kali menggunakan humor. Majas ini sering digunakan untuk menyampakan kritik ataupun pujian, kita bisa menemukannya dalam berbagai jenis karya sastra klasik maupun modern.

Contoh:

  • To be safe on the Fourth, don’t buy a fifth on the third.
  • It is better to light a candle than to curse the darkness.
  • “If you want to keep a secret, you must also hide it from yourself.” — George Orwell

Euphemism

Euphemism sekilas hampir sama dengan Circumlocution. Majas ini menggunakan kata ungkapan yang lebih halus untuk menghindari topik atau kata-kata yang dianggap kasar.

Contoh:

  • Died = Passed Away
  • Fired = Let Go
  • Toilet = Restroom

Hyperbole

Hyperbole atau dalam bahasa Indonesia disebut hiperbola adalah ungkapan untuk menjelaskan sesuatu secara berlebihan, agar terasa lebih dramatis. Hyperbole digunakan untuk menekankan perasaan, meningkatkan perhatian, atau membuat sesuatu lebih menarik atau berkesan. 

Contoh:

  • I’m so hungry I could eat a horse.
  • This bag weighs a ton.
  • I have a mountain of paperwork to do.

Irony

Irony adalah majas dalam bahasa Inggris yang bertujuan untuk mengungkapkan kontras (sarkastik) antara dua argumen. Figure of speech Irony terbagi menjadi tiga yaitu verbal irony, situational irony, dan dramatic irony.

Contoh:

  • Lovely weather we’re having (namun keadaan sejang hujan deras).
  • You’re a real genius (ketika seseorang berbuat kesalahan fatal).

Litotes

Litotes menjadi majas yang digunakan untuk menyatakan sebuah pernyataan negatif menjadi positif. Teknik ini digunakan untuk membuat pernyataan jadi lebih halus dan juga mengurangi intensitas pada sebuah kalimat.

Contoh:

  •  It’s not the best weather today. (ketika cuaca sedang buruk).
  • The movie wasn’t too bad. (saat film tersebut cukup baik).
  • This is not the worst idea I’ve heard. (menyirtkan bahwa ide tersebut sudah cukup meskipun bukan yang terbaik).

Metaphor

Metaphor adalah majas dalam bahasa Inggris yang digunakan ketika ingin enggambarkan sesuatu dengan cara yang tidak literal dan membandingkannya dengan kata “bagaikan” (metafora) dan sejenisnya. 

Contoh:

  •  Her eyes were sparkling diamonds (ketika membandingkan keindahan mata seseorang dengan sebuah benda yang memiliki karakteristik sama).
  • The rumors were wildfire spreading through the town. (menggambarkan situasi dimana rumor mulai menyebar dengan cepat).

Metonymy

Metonymy merupakan jenis figure of speech di mana sebuah kata atau frasa digunakan untuk menggantikan kata lain yang terkait erat, bukan melalui perbandingan langsung seperti dalam metafora, namun memiliki kaitan yang lebih dekat.

Contoh:

  •  Let’s raise a glass (Kata “glass” dapat diartikan sebagai pencapaian, kalimat ini berupa ajakan untuk merayakan sesuatu).
  • I can’t wait to hit the books tonight (Kata “buku” merupakan representasi dari belajar, sehingga menunjukkan keinginan seseorang untuk giat belajar).

Itu dia berbagai informasi mengenai majas dalam bahasa Inggris (Figures of Speech) hingga perbedaanya dengan majas bahasa Indonesia. Saatnya permudah keperluan bahasa mu bersama Xerpihan! Tersedia berbagai layanan bahasa dan juga free assistant berbasis teknologi Artificial Intelligence yang bisa kamu coba. 

Jadi, tunggu apalagi? Konsultasikan kebutuhan bahasa bersama Xerpihan dan dapatkan penawaran menariknya!

Gunakan layanan jasa terjemah Xerpihan untuk mendapatkan hasil terjemahan yang cepat dan akurat. Tunggu apa lagi? Yuk coba sekarang dan rasakan manfaatnya!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *