Apa itu Penulisan Naskah? Yuk Ketahui Jenis Hingga Tips Membuatnya di Sini!

penulisan naskah

Pernahkah kamu terpikir tentang bagaimana sistem penulisan naskah dalam bidang tertentu? Bagi penulis, tentu sangat penting untuk memahami sistem penulisan sebuah naskah yang benar baik untuk kebutuhan akademik, profesional, ataupun agenda informal lainnya.

Sama seperti menulis karya sastra lainnya, menulis naskah membutuhkan waktu, ketepatan, dan juga variasi ide yang beragam sehingga menciptakan tulisan menarik. Nah, sebelum lebih jauh tentang cara menulis naskah, saatnya cari tahu terlebih dahulu apa pengertian, jenis-jenisnya, hingga tips penulisan yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Apa itu Penulisan Naskah?

penulisan naskah
Source: Pressfoto – Freepik

Penulisan naskah adalah perancangan sebuah cerita ataupun topik yang biasanya dilakukan di tahap awal atau pra. Proses perancangan naskah biasanya menggabungkan berbagai ide-ide hingga konsep, sehingga tercipta sebuah struktur yang runtut. Naskah sangat identik dengan industri seni dan kreatif, seperti penulisan naskah drama, skenario film, dan lainnya.

Secara harfiah, naskah diambil dari bahasa Arab “nushkhatum” yang berarti potongan kertas. Sejak jaman peradaban kuno, mereka menggunakan berbagai media seperti batu, papirus, hingga bilah kayu untuk menuliskan kejadian apa saja yang dialami. Hal tersebutlah yang melandasi sejarah saat ini, alhasil kita bisa mengetahui ada peristiwa apa saja yang terjadi di masa lampau.

Dalam akademik, naskah juga berperan penting untuk memaparkan hasil penelitian, pengkajian hukum, atau menulis karya ilmiah. Tak hanya itu, naskah juga dapat diartikan sebagai sebuah dokumentasi akan sebuah cerita dengan menampilkan latar belakang, tokoh, kejadian, hingga dialog apa saja yang terjadi.

Jika dulu kita harus menulis naskah dengan mesin ketik atau bahkan ditulis, kini kita dimudahkan dengan berbagai perangkat elektronik maupun digital untuk menulisnya. Dari segi penulisan, tiap jenis naskah memiliki format yang berbeda-beda, sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Di industri film & seni, seorang penulis naskah disebut juga dengan istilah scriptwriter. Biasanya seorang scriptwriter akan menulis berbagai cerita baik fiksi maupun realis yang akan divisualisasikan dalam bentuk film, series, sinetron, pementasan teater, atau bahkan podcast.

Jenis-Jenis Naskah dalam Berbagai Bidang

penulisan naskah
Source: Pressfoto – Freepik

Setelah kamu memahami apa itu penulisan naskah, saatnya mencari tahu apa saja jenis-jenis naskah yang digunakan dalam berbagai bidang. Perbedaan utamanya terdapat pada tujuan dan juga cara penulisan tiap naskah. Yuk, simak sampai akhir ada jenis naskah apa saja yang wajib kamu ketahui!

Drama

Naskah  drama adalah tulisan yang berisi cerita tentang dialog yang akan dipentaskan dalam sebuah pertunjukkan. Nantinya, naskah ini berfungsi sebagai panduan untuk sutradara hingga aktor untuk menentukan peradeganan. Di dalamnya, setiap penulis naskah drama juga harus mencantumkan detail-detail seperti setting (latar) cerita, termasuk suasana, waktu, dan tempat terjadinya cerita. Sebagai karya seni sastra yang sudah ada sejak jaman dulu, naskah drama mulai berkembang dalam berbagai jenis genre seperti komedi, tragedi, drama realis, atau genre lainnya. 

Program Televisi

Jenis naskah berikutnya adalah naskah program televisi yang menjadi panduan sebuah acara dari sisi teknis, konten, hingga proses editing. Naskah program televisi menggunakan bahasa yang lebih teknikal dan wajib dipahami oleh pengisi acara, sutradara, kameramen, editor, maupun penanggung jawab acara lainnya. Secara umum, program televisi terbagi menjadi beberapa kategori seperti:

  • Berita
  • Acara olahraga
  • Talkshow
  • Film
  • Drama seri
  • Sinetron
  • Acara realitas
  • Program dokumenter
  • Program anak-anak

Apa saja yang harus ada dalam naskah program televisi? Durasi tiap scene mulai dari pembukaan hingga penutup. Detail treatment teknik yang diberikan, mulai dari gerak kamera, prompt yang muncul di layar kaca, dan masih banyak lagi.

Public Relations

Dari sektor PR (Public Realtions) juga memiliki tipe naskah berupa media rilis (press release) yang biasanya digunakan untuk menyampaikan rincian acara, peristiwa, dan sejenisnya yang diselenggarkaan perusahaan. Pokok bahasan yang ada di dalam naskah press release mencakup 5W+1H, karena nantinya akan digunakan untuk sumber publikasi seperti berita, artikel, maupun konten media sosial. 

Beberapa hal yang wajib ada di dalam naskah public relations adalah detail acara, statement resmi perusahaan atau yang mewakili tentang acara tersebut, serta tujuan dibuatnya acara. Pastikan untuk membuat naskah public relations dengan intonasi yang profesional, ramah, dan pastinya informatif.

Pemberitaan

Sebuah naskah pemberitaan merupakan salah satu bagian dari naskah program televisi. Perbedaan utamanya adalah naskah pemberitaan berisi narasi apa saja yang harus dibaca oleh news anchor secara lisan. Naskah memiliki peran besar untuk para pembawa berita agar mereka bisa menyampaikan informasi secara ringkas, padat, dan akurat. 

Penulisan naskah berita menuntut para penulisnya untuk sangat teliti karena jika terjadi kesalahan pengejeaan, maka akan berdampak pada pembawa berita yang bisa salah pengucapan. Naskah harus menggunakan bahasa yang jelas, mudah dimengerti, dan sesuai dengan target audiens. Terdapat dua jenis naskah pemberitaan yang wajib kamu pahami:

  • Hard News: Naskah yang dibuat fokus pada berita penting, aktual, serta memiliki dampak yang luas seperti kriminal, bencana alam, politik, kesehatan, dan lainnya. Gaya penulisan naskah hard news pun harus objektif, netral, namun tetap faktual, dan sangat menghindari penulisan yang terlalu personal.
  • Soft News: Tipe naskah soft news biasanya memuat informasi yang ringan, cenderung menghibur. Berita ini biasanya disampaikan sebagai selingan dari berita hard news, umumnya sebuah naskah soft news akan mengangkat tema tentang human interest, hiburan, gaya hidup, hingga seni budaya. Penulisan soft news pun bisa dibuat lebih santai dan menarik.

Iklan

Iklan memiliki tipe naskah yang berisi rancangan tertulis bagaimana kita mempromosikan sebuah produk, jasa, acara, dan sejenisnya. Output dari naskah iklan biasanya ditampilkan dalam berbagai platform seperti media sosial, televisi, majalah, maupun radio. 

Kunci utama ketika menulis naskah ikan adalah menggunakan gaya bahasa yang terasa personal dan relevan dengan audiens, serta memiliki headline yang menarik perhatian. Jangan lupa untuk sertakan CTA (Call-to-Action) sehingga audiens bisa mengikuti instruksi dengan melakukan tindakna yang diperintahkan (belanja, follow, berlangganan, dan sebagainya).

Cerpen

Naskah cerpen sering disebut dengan manuscript cerpen yang merupakan sebuah struktur dari cerita pendek yang akan ditulis. Komponen utama dari naskah cerpen terdiri dari:

  • Judul
  • Baris pembukaan
  • Isi cerita
  • Klimaks/puncak konflik
  • Aksi
  • Penyelesaian

Biasanya penulis akan menuliskan benang merah dari tiap-tiap poin sebelum akhirnya dieksekusi menjadi cerita pendek. Para penulis akan mengutarakan apa saja premis cerita yang ingin disampaikan, kemudian ‘dijahit’ menjadi rangkaian cerita yang menarik untuk dibaca. 

Tips Penulisan Naskah yang Sesuai dengan Kaidah Bahasa Indonesia

Ini merupakan momen yang tepat untukmu dalam mempelajari penulisan naskah yang benar, sesuai dengan kaidah PUEBI. Walaupun tiap naskah memiliki isi berbeda, secara umum setiap naskah harus memuat 5W+1H, sehingga audiens bisa menangkap isi yang disampaikan. Berikut adalah tips dan cara penulisan naskah yang benar untuk diikuti:

Buat Struktur Naskah yang Rapi

Ketika kita sudah memiliki topik yang matang untuk ditulis, saatnya membuat kerangka penulisan. Fungsi utama dari kerangka tulisan adalah membantu penulis untuk mengembangkan ide-idenya secara sistematis serta membuat ‘peta’ cerita yang membuat naskah lebih terstruktur. Membuat struktur naskah akan menghemat waktu dan juga memudahkan kita dalam revisi.

Kuasai Kaidah Bahasa Indonesia

Penggunaan bahasa Indonesia yang benar, akan membuat naskahmu lebih mudah dipahami, menarik, dan terlihat profesional. Bila kamu harus menggunakan istilah atau kata asing, pastikan kamu juga memberitahu arti dari kata tersebut, sehingga tidak menjadi rancu saat dibaca. Penting juga untuk menggunakan tanda baca yang sesuai dengan isi teks.

Lakukan Pengecekan Berulang

Jika seluruh naskah sudah selesai dibuat, saatnya melakukan fase reading (untuk pertunjukkan) dan proofread (untuk publikasi). Melakukan pengecekan berulang membantu kita untuk memperbaiki kesalah pada naskah serta memastikan kualitas konten yang dibuat.

Masih sering kerepotan untuk melakukan proofreading pada naskah? Saatnya Xerpihan membantumu untuk mengeceknya! Xerpihan adalah layanan bahasa berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) yang menyediakan berbagai fitur seperti free assistant hingga jasa proofread untuk berbagai jenis karya tulis. Saat ini Xerpihan bekerja sama dengan ratusan penerjemah dan ahli bahasa terbaik untuk membantumu dalam mengecek ejaan, penulisan sesuai PUEBI, dan cek plagiarisme.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan layanan bahasa dari Xerpihan, berikut adalah beberapa kelebihannya:

  • Harga lebih terjangkau dan sangat cocok untuk berbagai kebutuhan penulisan mulai dari hiburan, profesional, hingga ilmiah.
  • Jaminan kerahasiaan seluruh data yang terdapat dalam video dalam Non-Disclosure Agreement.
  • Dipercaya lebih dari 1,000 klien mulai dari institusi hingga korporasi ternama di Indonesia.
  • Terdapat customer service yang siap membantumu selama 24/7.
  • Pengerjaan tiap tulisan adalah 24 jam dengan jumlah revisi yang tidak terbatas.

Tak perlu ragu lagi untuk percayakan Xerpihan dalam berbagai kebutuhan tulisanmu. Yuk, konsultasikan keinginanmu sekarang bersama Xerpihan!

Tingkatkan kualitas dan kredibilitas tulisanmu dengan menggunakan jasa proofreading dan cek grammar dari Xerpihan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera konsultasikan tulisanmu sekarang!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *