5 Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Online, Jangan Sampai Salah Tulis!

aplikasi cek grammar

Sering merasa ragu dengan penulisan bahasa Inggris kita? Nah, di momen itulah kamu harus segera mengandalkan aplikasi cek grammar untuk mengetahui kesalahan ejaan yang ada dalam tulisanmu. Ada berbagai aplikasi untuk mengecek ejaan dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk kepentingan konten hingga akademis.

Aplikasi-aplikasi ini bahkan datang dengan berbagai fitur lainnya yang membantu menyempurnakan tulisan kita. Agar tulisan yang dibuat jadi lebih profesional dan sesuai dengan kaidah bahasa, saatnya cari tahu aplikasi apa saja yang sesuai dengan kebutuhanmu!

Daftar Aplikasi Cek Grammar Online untuk Tugas, Essay, hingga Pekerjaan

Sekarang tak perlu pusing lagi untuk check grammar online karena tersedia berbagai aplikasi cek grammar online gratis yang bisa digunakan. Ini dia deretan rekomendasi web, aplikasi, dan layanan untuk pengecekan ejaan bahasa Inggris yang bisa jadi alternatif!

1. Grammarly

aplikasi cek grammar
Grammarly

Grammarly tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tools yang satu ini adalah aplikasi cek grammar online paling populer karena memiliki fitur yang lengkap dengan tampilan website yang mudah dipahami pemula. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2009, Grammarly menjelma sebagai aplikasi untuk berbagai layanan bahasa mulai dari penerjemah hingga cek plagiarisme pada tulisan.

Berkat dorongan teknologi yang ada, Grammarly telah terintegrasi ke dalam berbagai platform seperti Microsoft Office, sistem operasi android, iOS, hingga MacOS. Salah satu yang membuat aplikasi ini istimewa adalah fitur ekstensi pada browser yang membantu pengguna untuk mengecek grammar di berbagai platform.

Keunggulan

  • Grammarly mampu memeriksa kesalahan tata bahasa dan ejaan secara otomatis. Biasanya aplikasi ini akan menampilkan saran untuk mengganti kata atau parafrase kalimat.
  • Pengguna bisa menyesuaikan jenis bahasa yang digunakan sesuai dengan Brand Voice dan Tone. Kita diberikan berbagai pilihan seperti casual, creative, smart, dan sejenisnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Ginger

Ginger

Rekomendasi aplikasi cek grammar online gratis berikutnya adalah Ginger yang membantu memperbaiki segala ejaan yang salah. Tak hanya itu, Ginger juga memiliki kemampuan yang handal untuk parafrase berkat teknologi AI nya yang mutakhir. Ada beberapa fitur yang saat ini tersedia di Ginger mulai dari Grammar Checker, Sentence Rephraser, Translation, Punctuation Checker, hingga Essay Checker

Pada website Ginger, kita juga bisa menggali informasi lebih dalam mengenai grammar serta ‘cheatsheet’ dalam menulis bahasa Inggris. Pengguna bisa mengakses Ginger melalui website, aplikasi dekstop, ataupun aplikasi pada handphone. Hampir sama dengan Grammarly, Ginger juga dilengkapi dengan ekstensi browser yang membantu kita untuk memperbaiki ejaan dalam berbagai workspace.

Keunggulan

  • Mayoritas fasilitas yang disediakan oleh Ginger gratis digunakan. Keuntungan ini tentu akan sangat bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan aplikasi cek grammar dalam kebutuhan personal.
  • Fitur yang ditawarkan jauh lebih variatif dan beragam, jadi tidak terpaku pada ejaan saja namun juga bagaimana membuat tulisan tersebut seperti ditulis oleh native speaker.
  • Dengan menyediakan koreksi cepat dan saran peningkatan, Ginger membantu menghemat waktu yang biasanya digunakan untuk pemeriksaan manual.

3. Hemingway App

aplikasi cek grammar
Hemingway Editor

Hemingway bisa jadi opsi lain untuk kamu yang membutuhkan tools penulisan digital untuk kebutuhan kreatif seperti artikel atau sosial media. Nama “Hemingway” diambil dari nama belakang penulis sekaligus novelis Amerika yakni Ernest Miller Hemingway yang telah meninggal dunia pada 2 Juli 1961. 

Dibandingkan aplikasi lainnya, Hemingway Editor hanya menyediakan beberapa fitru seperti pengecekan grammar dan parafrase saja. Meskipun hanya ada dua fitur utama, akurasi yang dimiliki Hemingway termasuk yang paling bagus diantara aplikasi lainnya. Belum lagi tampilan interface Hemingway yang mudah, sangat membantu para pemula untuk mengecek grammar tulisan mereka.

Keunggulan

  • Hemingway selalu menyoroti kalimat pasif dan mendorong penggunaan kalimat aktif, yang membuat tulisan lebih kuat dan langsung.
  • Indikator yang digunakan oleh Hemingway dalam menyoroti kesalahan penulisan adalah warna. Pada kalimat yang sulit dibaca (kuning), sangat sulit dibaca (merah), penggunaan kata keterangan yang berlebihan (biru), suara pasif (hijau), dan kata-kata rumit (ungu).
  • Hemingway menawarkan dua mode: mode penulisan, yang memungkinkan pengguna menulis tanpa gangguan, dan mode pengeditan, yang menyediakan analisis dan saran perbaikan.

4. Quilbot

aplikasi cek grammar
Quilbot

Daftar aplikasi cek grammar selanjutnya adalah Quilbot yang mampu membantu penulis dalam membuat ringkasan, parafrase, terjemahan, hingga pengecekan grammar. QuillBot menawarkan beberapa mode penulisan, seperti mode Formal, Kreatif, dan Ringkas, memungkinkan pengguna menyesuaikan gaya penulisan sesuai kebutuhan mereka.

Kemampuan parafrase dan ejaan yang dimiliki Quilbot pun nyaris sempurna. Pasalnya aplikasi ini bisa mengubah kalimat atau paragraf dengan menggunakan kata-kata dan struktur kalimat yang berbeda tanpa mengubah makna asli, membantu penulis menghasilkan variasi dalam tulisan mereka.

Keunggulan

  • Quilbot menyediakan berbagai pilihan kosa kata baru bagi penulis.
  • Platform ini sangat user-friendly karena dibentuk oleh tim developer yang solid dan memiliki jam terbang tinggi.
  • QuillBot menawarkan berbagai mode dan opsi penyesuaian yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tools ini sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka, baik untuk tulisan akademis, profesional, atau kreatif.

5. Xerpihan

Xerpihan

Xerpihan merupakan aplikasi cek grammar online yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kesalahan ejaan dalam berbagai jenis tulisan mulai dari artikel hingga jurnal ilmiah. Layanan ini didukung oleh 100+ translator profesional bersertifikat yang telah dipercaya oleh ribuan klien dari institusi hingga korporasi.

Kamu bisa melakukan pemesanan layanan penerjemah langsung oleh Xerpihan dengan biaya mulai dari Rp100.000 saja. Tak hanya proses pengerjaannya yang cepat, Xerpihan juga menyediakan beberapa layanan lainnya yang bisa dicoba yakni free-asisstant bernama NOOT.

NOOT by Xerpihan adalah tools yang akan membantumu dalam terjemahan, parafrase, hingga mengecek grammar. Berikut adalah beberapa keunggulan Xerpihan yang wajib kamu ketahui:

Keunggulan

  • Xerpihan menggunakan teknologi Artificial Intelligence yang mempermudah pekerjaan kita dalam berbagai agenda.
  • Tersedia berbagai layanan bahasa profesional yang telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Kami juga menjamin kerahasiaan data dengan adanya Non Disclosure Agreement yang kredibel.
  • Tersedia Customer Service 24/7 yang siap membantumu di segala kondisi.
  • Jasa penerjemah Xerpihan sangat cocok untuk keperluan seperti translate jurnal, abstrak skripsi, artikel, buku, ijazah, dan dokumen lainnya.
  • Hasil terjemahan akan diterima dalam 24 jam setelah pembayaran dan klien bisa mendapatkan revisi tak terbatas untuk setiap tulisan.

Perbedaan Grammar Bahasa Indonesia dan Inggris Secara Umum

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai perbedaan grammar atau tata bahasa Indonesia dan inggris. Berikut ini adalah perbedaan utama yang wajib kamu pahami:

1. Kata Kerja

PerbedaanBahasa IndonesiaBahasa Inggris
Keterangan Waktu dalam Kata KerjaDalam bahasa Indonesia, bentuk kata kerja tidak berubah berdasarkan waktu. Kata kerja tetap sama, baik itu untuk tindakan yang terjadi di masa lalu, masa kini, atau masa depan. 
Contoh: Saya minum. Saya sudah minum. Saya akan minum
Dalam bahasa Inggris, kata kerja berubah bentuk berdasarkan tenses dan aspek. Total terdapat tiga jenis tenses utama yaitu Present, Past, dan Future.
Contoh: I am drinking. I have drank. I had drank
Kata DasarKata kerja dalam bentuk dasarnya sering digunakan langsung tanpa perubahan.Bahasa Inggris memiliki beberapa bentuk kata kerja, seperti infinitive (to eat), base form (eat), present participle (eating), dan past participle (eaten).

2. Bentuk Jamak

PerbedaanBahasa IndonesiaBahasa Inggris
Penanda Kata JamakEjaan bahasa Indonesia tidak merubah kata benda ketika menunjukkan jumlah jamak. Kata benda tetap sama, baik untuk bentuk tunggal maupun jamak.
Contoh: Dua buku. Banyak buku.
Pada beberapa kasus, terdapat kata yang reduplikasi atau memiliki pengulangan untuk menunjukkan bentuk jamak.
Contoh: Anak-anak. Pohon-pohon. Buku-buku
Ketika menunjukkan benda jamak (lebih dari satu) maka harus menambahkan akhiran  -s atau -es.
Contoh:BooksAshes
Selain itu, Beberapa kata benda dalam bahasa Inggris memiliki bentuk jamak yang tidak beraturan (irregular plural forms) yang tidak mengikuti pola penambahan -s atau -es.
Contoh:Child – Children. Man – Men. Woman – Women. Mouse – Mice
Penggunaan Artikel dan Kata PenentuTata bahasa Indonesia tidak memiliki artikel khusus seperti “a,” “an,” atau “the” dalam bahasa Inggris. Kata penentu seperti “ini” dan “itu” digunakan sama untuk tunggal dan jamak.
Contoh: “buku ini” bisa berarti “this book” atau “these books” tergantung pada konteks.
Sementara bahasa Inggris menggunakan kata artikel yang menunjukkan entuk tunggal dan jamak.
Contoh: a book” (sebuah buku) untuk tunggal, dan “the books” (buku-buku itu) untuk jamak.

3. Kalimat Aktif dan Pasif

PerbedaanBahasa IndonesiaBahasa Inggris
Struktur Kalimat AktifKalimat aktif dalam bahasa Indonesia menggunakan struktur seperti:
[Subjek] + [Kata Kerja Aktif] + [Objek]
Contoh:“Ibu” (subjek) + “memasak” (kata kerja aktif) + “nasi” (objek)
Sedangkan kalimat aktif dalam bahasa Inggris memiliki struktur yang hampir sama:
[Subject] + [Active Verb] + [Object]
Contoh:“Mother” (subject) + “cooks” (active verb) + “rice” (object)
Struktur Kalimat PasifDi bahasa Indonesia, kalimat pasif memiliki struktur:
[Objek] + [Kata Kerja Pasif] + [Oleh] + [Subjek]
Contoh:“Nasi” (objek) + “dimasak” (kata kerja pasif) + “oleh” (penanda subjek) + “ibu” (subjek)
Sementara penanda kalimat pasif dalam bahasa Inggris adalah menggunakan past participle:
[Object] + [To Be Verb] + [Past Participle] + [By] + [Subject]
“Rice” (object) + “is” (to be verb) + “cooked” (past participle) + “by” (preposition) + “mother” (subject)

Semakin Mudah Check Grammar Online dengan Xerpihan!

Pilih aplikasi cek grammar online yang sesuai untuk tulisanmu. Perlu diperhatikan bahwa setiap tulisan memerlukan gaya serta tata bahasa khusus yang patut diketahui oleh semua penulis. Dengan adanya Xerpihan, kamu akan lebih mudah menerjemahkan berbagai tulisan ke bahasa Inggris dengan ejaan, struktur, hingga istilah yang tepat.

Saat ini Xerpihan bekerja sama dengan IDP serta IELTS untuk memastikan seluruh tulisan dan dokumen yang keluar dari Xerpihan sesuai dengan grammar bahasa Inggris terbaru serta aman dari plagiarisme Turnitin. Tak perlu ragu lagi untuk jadikan Xerpihan sebagai tools yang membantumu dalam berbagai kebutuhan bahasa. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera konsultasikan tulisanmu sekarang bersama Xerpihan!

Tingkatkan kualitas dan kredibilitas tulisanmu dengan menggunakan jasa proofreading dan cek grammar dari Xerpihan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera konsultasikan tulisanmu sekarang!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *