7 Rekomendasi Parafrase Tools Online, Sesuai Grammar dan Praktis Banget!

parafrase tools

Parafrase tools jadi sebuah kebutuhan para penulis masa kini di tengah maraknya kasus plagiat yang terjadi. Sebuah tulisan bisa dikatakan mengandung plagiarisme apabila menjiplak teks dari sumber lain tanpa pemberian kredit. Ketika melakukan plagiarisme, mereka akan melanggar hak cipta yang dimiliki penulis asli. 

Parafrase jadi sebuah cara ampuh untuk menghindari plagiat. Bantuan parafrase tools memiliki peran besar agar tulisan kita tetap original tanpa ada campur tangan orang lain. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘parafrase’ atau ‘parafrasa’ adalah cara untuk menguraikan kembali teks atau karangan menjadi bentuk kalimat baru tanpa mengubah makna aslinya.

Agar kamu jadi lebih produktif dalam menulis, ada beberapa parafrase tools yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan tulisan. Agar tak salah langkah, yuk cari tahu apa saja tools yang sesuai dengan kebutuhanmu!

Apa Tujuan Parafrase?

Tujuan utama dari parafrase adalah menulis kembali sebuah informasi dari sumber asli menggunakan gaya bahasa kita sendiri. Parafrase membantu dalam memperjelas atau menyederhanakan ide yang kompleks, membuatnya lebih mudah dipahami oleh audiens yang berbeda.

Parafrase membantu penulis ketika ingin mengintegrasikan sebuah informasi serta memperkuat argumen dalam jurnal atau penelitian. Dengan melakukan parafrase, penulis juga menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi yang dibahas dan mampu menjelaskan kembali dengan cara yang relevan dan sesuai dengan konteks tulisan mereka. 

Tidak ada aturan khusus mengenai cara penulisan parafrase, kecuali tata cara memberikan kredit kepada penulis aslinya secara jelas di daftar pustaka, footnote, maupun keterangan lainya.

Fungsi Parafrase

Setelah mengetahui apa tujuan utama parafrase, kini saatnya kamu memahami lebih dalam manfaat atau fungsi dari parafrase tulisan. Ini dia detail yang wajib kamu ketahui:

  • Parafrase adalah cara terbaik untuk menghindari plagiarisme tulisan tanpa menjiplak secara 100% tulisan aslinya.
  • Kita bisa memperjelas sebuah topik dengan menggabungkan beragam informasi dari beberapa sumber ke dalam tulisan. Hal tersebut dapat memperkuat argumen atau analisis yang dibuat tanpa kehilangan orisinalitas tulisan.
  • Manfaat parafrase lainnya adalah mampu menjelaskan kembali beberapa informasi secara lebih jelas, akurat, dan sesuai dengan target audiens. 
  • Dengan menggunakan kata-kata dan gaya bahasa sendiri, penulis dapat mempertahankan konsistensi suara dan gaya penulisan mereka, bahkan saat menggunakan informasi dari sumber lain.

7 Rekomendasi Parafrase Tools Online yang Akurat dan Anti Plagiat

Jika kamu sedang mencari parafrase tools online yang sekaligus bisa mengecek plagiarisme, berikut ini adalah rekomendasinya:

1. Grammarly

parafrase tools
Grammarly
  • Kategori: Gratis dan Berbayar (Mulai dari Rp245.000/bulan)

Grammarly adalah aplikasi populer di kalangan banyak orang karena sangat berguna untuk membantu memperbaiki ejaan bahasa Inggris yang salah. Sejak diluncurkan pada 2009 oleh Max Lytvyn dan teman-temannya, Grammarly kini telah memiliki berbagai fitur terbaru, salah satunya adalah parafrase tools

Cara menggunakan fitur Paraphrase di Grammarly pun sangat mudah, kamu hanya perlu pergi ke halaman grammarly.com/paraphrasing-tool. Kemudian tulis teks yang ingin diparafrase, dan klik tombol Paraphrase. Tunggu beberapa saat hingga muncul hasil parafrase yang dibuat oleh Grammarly. 

2. Chat GPT

parafrase tools
Chat GPT
  • Kategori: Gratis dan Berbayar (Mulai dari Rp 325.000/bulan)

Siapa yang tidak mengenal Chat GPT? Kepopuleran tools ini bermula pada saat 2022 mereka membuat gempar banyak orang dengan meluncurkan OpenAI yang langsung memiliki 1 juta pengguna di bulan pertama. Chat GPT merupakan chatbot yang mampu memberikan berbagai informasi berdasarkan database mereka yang saat ini berada di tahun 2021.

Untuk menggunakan Chat GPT sebagai parafrase tools pun sangat mudah. Pengguna hanya perlu menulis prompt untuk parafrase sebuah kalimat atau paragraf dan secara otomatis Chat GPT akan menyediakan jawaban dalam persekian detik. 

3. Paraphraser.io

Paraphraser.io
  • Kategori: Gratis dan Berbayar (Mulai dari Rp370.000/bulan)

Paraphraser.io adalah parafrase tools berbasis teknologi Artificial Intelligence yang akan membantu dalam berbagai jenis tulisan. Fitur-fitur parafrase yang ada di Paraphraser.io pun sangat beragam. Bagi kamu yang menggunakan fitur gratis terdapat 3 mode yang bisa dipilih yakni Fluency, Standard, dan Word Changer.

Sementara jika kamu menggunakan fitur premium, cakupan gaya penulisan yang tersedia lebih besar yakni Creative, Smarter, dan Shorten. Kita hanya perlu mengungah dokumen ataupun menulis informasi yang akan diparafrase, maka secara otomatis di kolom samping akan muncul hasil tulisan tersebut. Di Paraphraser.io tertera juga beberapa informasi seperti jumlah kata, karakter, reading level, hingga speaking time

4. EditPad

EditPad
  • Kategori: Gratis dan Berbayar (Mulai dari Rp160.000/bulan)

Alternatif parafrase tools lainnya yang bisa dicoba adalah EditPad. Platform yang satu ini mampu melakukan parafrase ke lebih dari 17 bahasa dengan fitur writing tone, readability, hingga style yang bisa dipersonalisasi. Banyak orang menggunakan EditPad untuk menulis essay serta berbagai dokumen lainnya. 

Tersedia beberapa pilihan mode penulisan yang bisa kamu coba seperti Smooth, Official, Intelligent, dan Repair. Tulis teks yang ingin kamu parafrase pada kolom bagian kiri, maka nantinya akan langsung muncul hasil parafrase pada kolom kanan. Selain itu, EditPad menyediakan fitur untuk pengguna mengunggah dokumen mereka dengan format seperti PDF, TXT, dan DOCX.

5. Poe.com

parafrase tools
Poe
  • Kategori: Gratis dan Berbayar (Mulai dari Rp320.000/bulan)

Poe adalah opsi lain untuk kamu yang sedang mencari parafrase bahasa Inggris yang mudah dan praktis. Poe.com menggunakan sistem Artificial Intelligence yang bisa diakses melalui website, aplikasi di iOS, android, dan MacOS. Berbeda dengan Chat GPT, Poe.com menggunaakan berbagai model source seperti OpenAI, Anthorpic, Google, Meta, dan community-created bots.

Penggunaan Poe.com pun hampir sama dengan Chat GPT, pengguna hanya perlu menuliskan prompt untuk parafrase dan secara otomatis tools ini akan memberikan jawaban. Jangan lupa berikan detail keterangan pada prompt seperti gaya penulisan, jenis bahas Inggris yang digunakan apakah American Style atau British Style. 

6. Gemini

parafrase tools
Gemini
  • Kategori: Gratis

Gemini merupakan platform yang diluncurkan oleh Google dengan AI yang memiliki tujuan sebagai alat bantu untuk melakukan analisis, mencari informasi, dan juga sumber belajar. Google membekali Gemini menggunakan teknologi 1.0 Ultra yang memiliki klaim lebih bisa memberikan informasi relevan. 

Pada awal peluncurannya, Gemini dirancang untuk bisa menjawab berbagai prompt atau pertanyaan yang kompleks dengan memberikan respon yang cepat dalam berbagai bentuk seperti gambar, kode, dan teks. Untuk menggunakan Gemini sebagai parafrase tools kamu bisa menuliskan prompt untuk parafrase, disambung dengan teks yang akan diparafrase. 

Biasanya Gemini akan menampilkan penjelasan mengenai apa saja kesalahan atau bagian mana yang diparafrase, sehingga kita bisa lebih memahami proses parafrase yang dilakukan.

7. Xerpihan

parafrase tools
  • Kategori: Berbayar mulai dari Rp150.000 per paket

Xerpihan adalah sebuah startup asal Indonesia yang menyediakan jasa proofreading untuk kamu yang membutuhkan layanan seperti perbaikan struktur paragraf, parafrasa kalimat, atau melakukan edit pada jurnal ilmiah. Tak hanya terhindar dari plagiarisme, Xerpihan akan memperbaiki tata bahasa, ejaan, tanda baca, serta konsistensi dan koherensi antar paragraf.

Saat ini Xerpihan didukung oleh 100+ translator profesional yang siap membantu pengguna 24/7 dalam menerjemahkan dokumen hingga kebutuhan tertulis lainnya. Di samping itu, Xerpihan juga telah dipercaya lebih dari 1,000+ klien dari berbagai universitas maupun korporasi di Indonesia untuk memberikan pelayanan berupa proofread, penyuntingan, dan masih banyak lagi. 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Xerpihan dibandingkan tools parafrase bahasa Inggris yang lainnya:

  • Jaminan kerahasiaan untuk seluruh data yang dimiliki oleh klien dengan dukungan dokumen Non-Disclosure Agreement.
  • Xerpihan menyediakan layanan customer service 24/7 yang siap melayani segala keperluan pengguna.
  • Revisi tak terbatas untuk setiap dokumen yang ditulis. 
  • Harga lebih terjangkau dibandingkan layanan penerjemah lainnya dan bisa dipastikan keakuratan serta kredibilitas penerjemahnya.
  • Waktu parafrase dan penerjemah teks paling lama adalah 24 jam atau 1 hari kerja.

Kesalahan Parafrase yang Sering Tidak Disadari

Setelah memahami apa saja parafrase tools dan web parafrase bahasa Inggris, kini kamu juga harus tahu apa saja kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat parafrase:

  • Mengubah struktur kalimat, sehingga tulisan yang dihasilkan menjadi tidak runtut. Karena jika kerangka kalimat salah, maka akan berpotensi untuk menimbulkan distorsi informasi.
  • Banyak yang tidak menyadari bahwa sering kali kita membuang informasi penting pada sebuah paragraf. Alhasil, parafrase yang dihasilkan berpotensi untuk misleading dan tidak lengkap.
  • Menggunakan terlalu banyak kutipan juga tidak diperbolehkan pada saat parafrase. Terlalu banyak kutipan bisa menunjukkan kurangnya pemahaman atau ketidakmampuan untuk mengolah informasi dengan kata-kata sendiri.

Buat Parafrase Essay hingga Tugas Lebih Mudah dan Akurat dengan Xerpihan!

Dari sekian banyaknya tools parafrase yang ada, Xerpihan adalah pilihan terbaik untuk kebutuhan profesionalmu. Lebih dari 1.000 perusahaan, lembaga, hingga universitas mempercayakan Xerpihan untuk membantu terjemahan, proofreading, bahkan hingga parafrase tulisan agar terhindar dari plagiarisme.

Selain menyediakan jasa profesional penerjemah dan proofreading, Xerpihan juga memiliki teknologi bot berbasis AI bernama NOOT. Hadirnya NOOT by Xerpihan membantu pengguna untuk mendapatkan free-assistant yang bisa membantu dalam berbagai hal seperti membuat notulensi otomatis, parafrase, terjemahan, dan masih banyak lagi.

Pengguna NOOT pun akan mendapatkan dashboard khusus yang menunjukkan berbagai bentuk analisa. NOOT by Xerpihan juga terintegrasi dalam berbagai bahasa serta mampu membuat kita jauh lebih produktif dalam bekerja.

Sudah saatnya bagimu untuk mencoba langsung fitur-fitur canggih dan terkini yang ada di Xerpihan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera konsultasikan kebutuhanmu sekarang bersama Xerpihan!

Gunakan layanan jasa parafrase kalimat di Xerpihan untuk mendapatkan hasil tulisan yang rapi, menarik, dan terhindar dari plagiarisme. Tunggu apa lagi? Yuk coba sekarang dan rasakan manfaatnya!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *