8 Daftar Tools AI Translator Online untuk Berbagai Jenis Tulisan, Pasti Akurat!

ai translator online

Sering merasa kesulitan dalam menerjemahkan tulisan yang kita buat ke dalam bahasa Inggris? Tenang saja, kamu tidak sendirian. Nyatanya, menulis kalimat bahasa Inggris memang membutuhkan ketelitian serta ketepatan kosakata yang dipilih. Berkat bantuan teknologi, kini mulai hadir berbagai tools seperti AI translator online yang bisa membantu kita menerjemahkan hingga parafrase.

Menggunakan AI translator online tentu akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja serta efisiensi waktu. Tak hanya untuk penulisan artikel saja, kamu bisa menggunakan berbagai AI translator online untuk dokumen-dokumen administrasi hingga essay. 

Nah, apa saja tools AI translator online terbaik yang bisa dicoba saat ini? Ini dia berbagai rekomendasinya untukmu!

8 Daftar Tools AI Translator Online yang Wajib Digunakan Penulis

Dalam artikel ini terdapat delapan rekomendasi tools AI translator online dari gratis hingga berbayar yang bisa membantumu dalam berbagai jenis penulisan. Yuk, cari tahu ada apa saja!

1. Jasper

ai translator online
Jasper AI
  • Biaya Berlangganan: Berbayar mulai dari $39 per bulan.

Jasper merupakan tools berbasis Artificial Intelligence untuk membuat berbagai konten mengenai tulisan secara otomatis. Sistem yang digunakan pada aplikasi ini adalah Natural Languagae Generation (NLG) yang membantu pengguna dalam membuat berbagai jenis konten tulisan menggunakan banyak bahasa. 

Sebagai tools AI translator online, aplikasi JasperAI memiliki kemampuan lebih mendalam untuk mempelajari brand voice dibandingkan platform lainnya. Seiring berjalannya waktu JasperAI akhirnya mengeluarkan beberapa fitur baru yang juga menjadi kelebihan platform ini.

Kelebihan

  • Telah digunakan oleh 100,000 pengguna dari seluruh dunia dengan berbagai latar belakang seperti pengusaha, pekerja kreatif, developer, dan masih banyak lagi.
  • Terintegrasi dengan SurferSEO untuk mempermudah perbaikan pada tulisan yang dibuat.
  • Memiliki dashboard analisis SEO yang membantu dalam mengaudit konten.
  • Bisa menjadi browser extension yang bisa digunakan untuk berbagai website.

2. Copy.ai

ai translator online
Copy.ai
  • Biaya Berlangganan: Gratis dan Berbayar mulai dari $36 per bulan.

Copy.ai menjadi salah satu ‘senjata’ bagi para copywriter untuk membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Bisa dibilang bahwa Copy.ai menjadi tools AI translator online yang paling populer saat ini karena beragam fitur yang ditawarkan.

Ada berbagai jenis output tulisan yang bisa Copy.ai bantu untuk menerjemahkan atau parafrase mulai dari artikel, email, konten media sosial, deksripsi produk, campaign, dan masih banyak lagi. Selain itu, Copy.ai juga memiliki fitur berupa cek plagiarisme hingga optimasi SEO untuk membuat konten kita mampu menjangkau audiens yang lebih luas. 

Kelebihan

  • Teknologi Artificial Intelligence yang digunakan pada Copy.ai sudah mampu membuat tulisan yang SEO-friendly
  • Interface halaman Copy.ai jauh lebih simple dan mudah dipahami oleh pengguna baru.
  • Tersedia berbagai jenis template tulisan yang bisa kita gunakan langsung.

3. Grammarly

ai translator online
Grammarly
  • Biaya Berlangganan: Gratis dan Berbayar mulai dari $15 per bulan.

Grammarly adalah aplikasi berbasis web yang membantu pengguna dalam mengecek tulisan dalam bahasa Inggris sesuai dengan grammar. Fitur yang tersedia dalam Grammarly pun tergolong variatif karena kita bisa mencoba cek plagiarisme, grammar checker, proofreading, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna memperbaiki penulisan dalam dokumen, email, dan berbagai lembar kerja dalam fitur extention yang ada pada browser. Kita juga bisa menyesuaikan brand voice, jenis bahasa, dan personalisasi lainnya pada tulisan dengan Grammarly.

Kelebihan

  • Grammarly bisa membantu untuk pengecekan grammar pada semua jenis teks seperti artikel, konten, hingga kebutuhan akademis.
  • Terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office sehingga membantu produktivitas ketika bekerja.
  • Memberikan saran dengan kata atau kalimat yang sesuai grammar dan konteks, sehingga tulisan lebih mudah dipahami.
  • Mampu mendeteksi tata ejaan tulisan yang salah.

4. Quilbot

ai translator online
Quilbot
  • Biaya Berlangganan: Gratis dan Berbayar mulai dari $9.95 per bulan.

Rekomendasi tools translator document berikutnya yang berbasis AI adalah Quilbot. Banyak yang belum tahu bahwa Quilbot sangat sering digunakan untuk parafrase, menulis ulang, atau mengubah narasi dalam sebuah teks. Kita bisa menggunakan Quilbot untuk menerjemahkan tulisan dari bahasa Indonesia-Inggris maupun sebaliknya dengan pemilihan kata yang relevan. 

Kita hanya perlu menulis teks apa yang perlu diterjemahkan dan Quilbot secara otomatis akan merubahnya ke bahasa yang diinginkan. Tak hanya itu, aplikasi ini didesain dengan user interface yang simple sehingga memudahkan para pengguna baru untuk memakainya.

Kelebihan

  • Quilbot menggunakan sistem Natural Language Processing (NLP) untuk membuat terjemahan lebih relevan.
  • Memiliki fitur parafrase yang membantu tulisan lebih sesuai dengan tata ejaan dan terlihat profesional.
  • Memiliki fitur ekstensi browser yang bisa digunakan dalam berbagai platform.

5. ChatGPT

ai translator online
ChatGPT
  • Biaya Berlangganan: Gratis dan Berbayar mulai dari $20 perbulan

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tools AI translator online yang satu ini. ChatGPT adalah sebuah aplikasi berbasis web yang menggunakan sistem open source dengan menyajikan informasi dalam bentuk teks. Kita bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai penerjemah yang akurat jika menulis prompt yang sesuai.

ChatGPT saat ini telah berkembang dengan berbagai fitur baru mulai dari analisis berbagai jenis data, membuat gambar, hingga memiliki sistem GPT-4 yang memuat lebih banyak informasi dan sistem yang lebih sempurna. Kamu juga bisa melatih AI yang ada di ChatGPT untuk melakukan parafrase kalimat agar terlihat lebih profesional serta sesuai ejaan.

Kelebihan

  • Dapat diakses gratis oleh berbagai pengguna dengan teknologi GPT-3.
  • Bisa menerjemahkan teks dalam berbagai jenis bahasa, sehingga output yang dihasilkan lebih beragam.
  • GPT juga bisa membantu kita dalam menyelesaikan berbagai pertanyaan, soal, dan sejenisnya.
  • Fitur lainnya yang ditawarkan ChatGPT adalah bisa mengerjakan coding dan debugging sederhana.

6. Writesonic

Writesonic
  • Biaya Berlangganan: Berbayar mulai dari $12 per bulan.

Writesonic juga menjadi aplikasi selanjutnya yang bisa kamu andalkan sebagai tools AI translator online. Saat ini Writesonic mampu menerjemahkan teks ke dalam 24+ bahasa dari seluruh dunia serta memiliki fitur pendukung untuk membantu kita menulis konten.

Writesonic datang dengan tiga layanan utamanya, yaitu AI Article Writer, SEO Checker, dan juga Botsonic. Jika kamu adalah seseorang yang memiliki intensitas untuk menulis yang cukup tinggi, Writesonic adalah tools yang akan membantumu agar lebih produktif dan efisien saat bekerja.

Kelebihan

  • Mampu menerjemahkan berbagai bentuk tulisan dan melakukan parafrase sehingga memiliki tata ejaan yang sesuai. 
  • Konten yang dapat diproduksi oleh Writesonic pun beragam mulai dari artikel, copywriting iklan, email, hingga konten media sosial.
  • Membantu kita dalam mengoptimasi sebuah konten SEO yang sesuai dengan algoritma Google terbaru.

7. Gemini

  • Biaya Berlangganan: Gratis

Gemini adalah produk yang diluncurkan oleh Google, merespon banyaknya tools AI yang beredar saat ini. Pada dasarnya, Gemini hampir sama dengan berbagai chatbot AI yang lainnya. Google mendesain Gemini sebagai asisten pengguna dalam mencari informasi yang ada di database Google.

Google bahkan kini mengimplementasikan Gemini pada kolom pencarian untuk meringkas berbagai informasi bagi pengguna. Kemudahan yang dihadirkan Google dalam Gemini tentu berpotensi menjadi ancaman bagi aplikasi lainnya. Pasalnya, Gemini  memiliki berbagai fitur lengkap yang bisa dicoba seperti terjemahan hingga parafrase.

Kelebihan

  • Gemini memiliki pemahaman konteks yang kuat, sehingga mampu memahami prompt yang ditulis lebih cepat.
  • Respon jawaban dari Gemini pun juga cepat sehingga mampu memberikan informasi pengguna dalam hitungan detik saja.
  • Gemini dibangun di atas teknologi AI dan machine learning mutakhir dari Google.
  • Pemahaman bahasa yang ada di Gemini pun jauh lebih baik dibandingkan Google Translate atau Terjemahan.

8. Xerpihan

  • Biaya Berlangganan: Berbayar mulai dari Rp100.000 saja!

Xerpihan memiliki fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) bernama NOOT yang merupakan free-assistant yang bisa membantu pengguna dalam melakukan proofreading, transkripsi, parafrase teks, dan masih banyak lagi.

Xerpihan adalah pilihan tools translator online terbaik yang bisa membantumu dalam menerjemahkan berbagai dokumen hingga karya ilmiah. Kredibilitas para translator Xerpihan pun sesuai dengan standar internasional karena memiliki penerjemah tersumpah (Sworn Translator). Bagi kamu yang ingin menerjemahkan dokumen penting untuk keperluan administratif atau akademik, Xerpihan bisa mewujudkannya dengan waktu 24 jam saja.

Kelebihan

  • Tersedia dua pilihan writing style, yakni UK dan US yang bisa disesuaikan.
  • Mampu menerjemahkan semua dokumen penting sesuai dengan ejaan bahasa Inggris yang benar.
  • Pengguna bisa melakukan revisi tak terbatas pada sebuah dokumen dan tanpa dikenakan extra charge.
  • Xerpihan menyediakan layanan customer service 24/7 yang siap melayani segala keperluan pengguna.

Kesalahan yang Sering Ditemukan Pada AI Translator Online

Ada beberapa kesalahan yang sering kita temukan pada layanan atau jasa AI translator online, berikut adalah beberapa yang wajib kamu tahu:

  • Akurasi Tulisan: Salah satu kesalahan yang sering ditemukan adalah ketidakmampuan untuk menangkap nuansa budaya dan konteks lokal, sehingga terjemahan bisa terasa kaku atau tidak alami. 
  • Gaya Bahasa yang Digunakan: AI translator dapat mengalami kesulitan dengan idiom, ungkapan, atau slang, yang sering kali diterjemahkan secara harfiah dan kehilangan makna aslinya. 
  • Ambiguitas pada Terjemahan: Ambiguitas kata dan frasa yang memiliki banyak makna juga dapat menyebabkan kebingungan dalam hasil terjemahan. AI translator kadang tidak mampu mengenali konteks teknis atau spesifik bidang tertentu, sehingga terjemahan untuk dokumen teknis atau ilmiah bisa kurang akurat atau salah interpretasi.

Cara Memilih Tool AI Translator Online Terbaik dan Akurat

noot by xerpihan

Setelah melihat berbagai rekomendasi tools AI translator online, kini kamu harus menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Xerpihan bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil terjemahan akurat dan kredibel, terutama untuk menerjemahkan dokumen penting.

Setiap terjemahan yang dimiliki oleh Xerpihan dijamin sudah akurat dan sesuai dengan tata bahasa serta ejaan. Saat ini Xerpihan telah dipercaya lebih dari 1,000+ klien dari berbagai universitas maupun korporasi di Indonesia untuk memberikan pelayanan berupa proofread, penyuntingan, dan masih banyak lagi. 

Sudah saatnya bagimu untuk mencoba langsung fitur AI translator online yang ada di Xerpihan. Jadi, tunggu apalagi? Konsultasikan kebutuhanmu sekarang bersama Xerpihan dan dapatkan penawaran menariknya!

Gunakan layanan jasa terjemah Xerpihan untuk mendapatkan hasil terjemahan yang cepat dan akurat. Tunggu apa lagi? Yuk coba sekarang dan rasakan manfaatnya!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *