Bahasa Indonesia

Cara Download Subtitle Indonesia & Cara Memasukkan Subtitle ke Video

Halo kawan Xerpihan! Apakah ada yang tau apa itu subtitle, apa itu caption, bagaimana cara download subtitle Indonesia, dan bagaimana cara memasukkan subtitle ke video? Bagi kalian yang masih bingung, maka kalian wajib membaca artikel ini sampai selesai ya. Sebab, di artikel ini kita akan membahas apa itu subtitle. Mulai dari pengertian subtitle, perbedaan subtitle dengan caption hingga tutorial cara download subtitle Indonesia dan cara memasukkan subtitle ke Video.

Baca juga: Cara Mengecek Plagiarisme Online Menggunakan Aplikasi Anti Plagiarisme

Berikut Penjelasan Apa Itu Subtitle dan Bagaimana Cara Download Subtitle Indonesia

Apa Itu Subtitle dan Caption?

Apa itu subtitle dan caption? Subtitle dan caption adalah salah satu fitur yang sangat berguna saat kita menonton film atau video. Terutama saat kita menonton film atau video dari luar negeri yang bahasanya tidak kita mengerti. Misalnya, kita ingin nonton drama seri berbahasa Inggris atau Korea, tapi nggak paham dengan bahasanya. Dengan adanya subtitle, kita jadi memahami kalimat dan bahasan apa yang sedang diucapkan oleh sang narator atau tokoh.

Bisa dikatakan, subtitle adalah suatu teks yang dibubuhkan pada materi video untuk menyampaikan ulang ucapan atau dialog yang sedang diucapkan secara bersamaan. Subtitle biasanya diletakkan di bagian bawah materi video, namun bisa juga diletakkan di atas materi video bila sudah ada teks di bagian bawahnya. Nama lain subtitle dalam Bahasa Indonesia adalah takarir.

Meskipun subtitle dan caption sama-sama berupa teks di materi video, tapi keduanya sedikit berbeda. Subtitle biasanya berwujud transkrip dari audio percakapan atau narasi dalam materi video, sedangkan caption berisikan transkrip audio plus deskripsi dari suara-suara audio yang muncul, seperti [tepuk tangan] atau [bernyanyi].

“Aku dalam bahaya!”: Meme terkenal dari The Simpsons ini adalah salah satu contoh caption. (Reddit)

Subtitle berguna untuk memudahkan kita memahami semua percakapan atau narasi yang diucapkan dari film, drama, atau video yang nggak kita ketahui artinya. Selain itu, adanya caption bisa memudahkan para penyandang disabilitas tunarungu untuk memahami percakapan atau narasi tersebut, karena mereka cuma mengandalkan penglihatan untuk memahami isi dari materi video tersebut. Oleh karena itu, subtitle banyak dicari oleh para penikmat film atau video.

Baca juga: Aplikasi Subtitle Otomatis

Cara Download Subtitle Indonesia

Bagaimana cara download subtitle Indonesia maupun subtitle bahasa asing? Subtitle atau takarir bisa diunduh lewat situs-situs web subtitle. Saat mencari, pastikan subtitle yang kalian cari memiliki bahasa yang sehari-hari kalian gunakan, seperti Bahasa Indonesia. Subtitle biasa disingkat sebagai “sub”, jadi kalian bisa mencari subtitle di mesin pencari dengan kata “sub” diikuti dengan bahasa yang diinginkan (misal “sub indonesia”).

Namun, sebelum mengunduh pastikan dahulu semua detail teknis video yang ingin kamu tambahkan subtitle-nya, mulai dari judul, tahun rilis, kualitas resolusi, hingga format yang digunakan. Hal ini penting karena ada berkas subtitle yang khusus ditujukan untuk video dengan spesifikasi tertentu. Tujuannya, saat kalian mengunduh subtitle, kalian bisa memilih berkas yang tepat.

Rekomendasi Website untuk Download Subtitle Indonesia

Saat ini sudah ada beberapa website untuk download subtitle film atau drama yang kalian ingin tonton. Apa saja? Berikut beberapa rekomendasi website untuk download subtitle Bahasa Indonesia yang bisa kalian jadikan rujukan.

1. Island Subs

Rekomendasi website untuk download subtitle yang pertama adalah Island Subs. Situs ini mengkhususkan diri di subtitle film dalam Bahasa Indonesia, jadi tidak perlu repot mencari subtitle di antara banyak bahasa lain. Ada banyak subtitle film, terutama film-film dan drama Asia seperti drama Korea dan Jepang yang bisa kalian unduh di sini.

2. iSubscene

Rekomendasi website untuk download subtitle yang kedua adalah iSubscene. Situs web ini digadang-gadang menjadi pengganti dari Subscene, situs unduh subtitle yang sempat jadi andalan sebelum diblokir pada tahun 2020 lalu. Koleksi subtitle-nya yang lengkap bisa menggantikan Subscene, tapi tetap saja kalian perlu aktifkan VPN bila tidak bisa diakses.

3. iSubtitles

Rekomendasi website untuk download subtitle selanjutnya adalah iSubtitles. Situs ini menyajikan tidak hanya sekadar subtitle film, melainkan juga informasi lengkap terkait film yang bersangkutan. Termasuk di antaranya adalah peringkat film plus durasi subtitle sehingga memudahkan kalian memastikan subtitle yang ingin kalian unduh.

4. Subtitle.hr

Situs ini bisa jadi andalan saat kalian ingin mencari subtitle Bahasa Indonesia untuk film-film luar negeri, termasuk dari Jepang. Tampilannya juga sederhana dan tidak banyak iklan.

5. OpenSubtitle

Rekomendasi website untuk download subtitle yang terakhir adalah OpenSubtitle. Situs ini memiliki koleksi subtitle film yang lengkap untuk diunduh. Kelebihan situs ini adalah tampilannya yang sederhana.

Baca juga: Cara Membuat Subtitle di Youtube

Cara Memasukkan Subtitle ke Video

Cara memasukkan subtitle ke video sebenarnya cukup mudah. Jika subtitle atau takarir sudah terunduh sepenuhnya, kalian perlu menggabungkan berkas subtitle dengan video yang ingin kalian masukkan subtitle-nya – karena berkas subtitle yang terpisah dengan berkas film. Langkah-langkah menggabungkan subtitle dengan video secara sederhana dan otomatis adalah sebagai berikut:

  • Pastikan berkas subtitle yang ingin kamu gunakan berformat SRT. Kalau berkas subtitle yang sudah diunduh masih dalam format .rar, ekstrak dahulu dengan klik kanan berkas > Extract Here. Berkas subtitle akan muncul dari folder yang sama.
  • Tempatkan berkas subtitle ke folder yang sama persis dengan folder tempat video berada. Folder yang berbeda membuat subtitle tidak bisa masuk saat video diputar.
  • Samakan nama berkas subtitle dan berkas video. Kalian bisa mengganti nama (rename) dengan klik kanan berkas > Rename. Misalkan nama videonya ialah “ABC”, maka nama subtitle-nya diganti menjadi “ABC” juga.
  • Selesai! Selamat menikmati subtitle dari video yang kalian unduh! 😀

Demikian, sekarang kalian sudah paham soal apa itu subtitle, apa itu caption, dan bagaimana cara download subtitle Indonesia serta bagaimana cara memasukkan subtitle ke video. Kalau kalian merasa kurang yakin kalau arti di subtitle atau caption yang kalian unduh sesuai dengan bahasa aslinya, kalian bisa cari pertolongan untuk memastikan ketepatan bahasanya. Xerpihan menyediakan jasa subtitle dan jasa translate subtitle dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika kamu tertarik langsung saja hubungi admin kami melalui nomor (0831) 1916 1413.

yasa

Recent Posts

Pengertian Cerpen, Fungsi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Apa itu cerpen dan bagaimana strukturnya? Berikut pengertian cerpen beserta ciri-ciri, kaidah kebahasaan, struktur, dan contohnya.--- Apa Itu Cerpen? Karya…

2 days ago

Contoh Teks Ceramah Beserta Struktur dan Cara Membuatnya

Bingung bagaimana cara membuat teks ceramah? Berikut contoh teks ceramah beserta struktur dan langkah-langkah menyusunnya.--- Apa yang Dimaksud dengan Ceramah?…

7 days ago

Pengertian Teks Ceramah, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Kaidah Kebahasaannya

Apa itu ceramah dan bagaimana kaidah kebahasaannya? Simak pengertian teks ceramah beserta tujuan, dan ciri kebahasaannya berikut ini.--- Pengertian Ceramah…

1 week ago